Friday, April 3, 2015

Pikap Mercedes-Benz Bakal Berbasis Nissan Navara?

Pikap Mercedes-Benz Bakal Berbasis Nissan Navara?Frankfurt - Seperti diberitakan sebelumnya, pabrikan mobil mewah Mercedes-Benz bakal meluncurkan varian pikap kabin ganda sebelum 2020 mendatang. Kabar terakhir menyebutkan, mobil itu akan dibuat dengan basis pikap Nissan Navara, besutan Nissan Motor Company.

Seperti diwartakan Automotivenews, Jumat (3/4/2015), Mercedes menolak mengomentari kabar tersebut. Meski begitu seorang sumber di pabrikan itu kepada Wall Street Journal telah mengamininya.

Bahkan sang sumber menyebut Nissan akan membuat desain pikap itu dengan arsutektur milik Navara. Adapun Daimler AG, selaku induk dari Mercedes-Benz bakal menyediakan teknologi termasuk mesin empat silinder yang akan ditanam di pikap tersebut.

Sumber itu juga mengatakan, saat ini proses kerjasama antara dua pabrikan itu telah mencapai tahap yang lebih jauh. Hanya, dia tak menjelaskan tahap seperti apa yang dimaksud. “Semuanya tengah berlangsung,” ucapnya.

Adapun jurubicara Daimler yang diwawancarai Automotivenews Europe enggan untuk mengomentari kabar itu. “Sesuai dengan peraturan, kami tidak akan mengomentari berbagai spekulasi tentang proyek masa depan,” ujarnya.

Pada Jumat (27/3/2015) lalu, Daimler woro-woro bakal meluncurkan pikap medium sebelum 2020 mendatang. Mobil itu bakal menyasar wilayah Eropa, Amerika Latin, Australia, serta Afrika Selatan.

Pikap itu, lanjut Daimler, akan didesain dan diproduksi oleh divisi van milik Mercedes-Benz. Namun belum ada keputusan apakah pikap itu juga dijajakan di Amerika Serikat.

Sementara tentang kerjasama dengan Renault-Nissan, keduanya memang telah bekerjasama dalam hal pengembangan mesin. Kerjasama ini juga termasuk dalam pengembangan mobil mungil Smart ForTwo, Renualt Twingo.

Selain itu, keduanya juga mengembangkan van Nissan NV350. Bahkan kongsi itu juga menyuplai mesin untuk kendaraan komersial pabrikan Jepang antara lain Mitsubishi untuk Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation.


(arf/ady)

0 comments:

Post a Comment