Sunday, June 28, 2015

Skuter Listrik Satu Roda Ini Bisa Melesat 25 Km/Jam

Skuter Listrik Satu Roda Ini Bisa Melesat 25 Km/JamMontreal - Hingga saat ini alat transportasi personal, baik dua roda sejajar seperti maupun roda tunggal, telah banyak dikenal dan pasarnya pun mulai berkembang. Meramaikan pasar kendaraan itu, seorang pengusaha asal Montreal, Kanada, meluncurkan skuter listrik beroda tunggal, Moto Pogo. Apa keunggulannya?

Seperti dilansir Gizmag, Senin (29/6/2015), Carl Dagenais, pengusaha yang kreatif itu mengatakan, Moto Pogo adalah motor listrik yang benar-benar beroda tunggal. Ini berbeda dengan beberapa skuter listrik yang diklaim beroda tunggal namun masih ada roda kecil tambahan untuk menyokong keseimbangan kendaraan saat dikendarai, meski itu sejatinya tak praktis.

Keunggulan lainnya adalah, cara pengendalian skuter ini yang hanya cukup dengan mencondongkan badan ke arah depan. Sebaliknya, untuk memperlambat laju, pengendara cukup menarik badannya ke belakang.

Cara kerja skuter yang mudah seperti itu, dikarenakan kendaraan ini menggunakan sensor gyroscopic dan accelerometers. Masing-masing sensor berfungsi untuk mengendalikan kecepatan dan menyesuaikan keseimbangan sesuai dengan gerakan badan pengendara.

Keunggulan ketiga adalah, meski menggunakan motor listrik 500 watt dengan baterai ion lithium 60 Volt 10 ampere, namun skuter ini mampu melaju hingga kecepatan 25 kilometer per jam. Pengisian baterai hingga penuh membutuhkan waktu tiga hingga lima jam. Jika baterai terisi penuh, skuter ini bisa menempuh jarak hingga 30 km.

Kerangka skuter berbobot 29 kilogram (kg) ini dari bahan aluminum dan mampu membawa beban hingga 150 kg.

Pada bagian depan dan belakang dilengkapi lampu LED,. Selain itu pabrikan pembuatnya juga melengkapinya dengan rem regeneratif, sehingga saban kali pengereman dilakukan maka, tenaga yang terbuang akan diubah menjadi energi listrik.

Hanya, untuk membelinya tak bisa langsung di diler atau toko. Soalnya, Dagenais hanya memproduksi jika jik ada yang memesannya. Banderol yang dia tetapkan sebesar 2.200 dolar Kanada atau sekitar Rp 23,9 juta.





(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment