Saturday, July 11, 2015

Di Bawah Avanza, Xenia Masih Nomor Dua di Kelasnya

Di Bawah Avanza, Xenia Masih Nomor Dua di KelasnyaJakarta -  Pasar mobil di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) masih didominasi si kembar, Avanza-Xenia. Keduanya harus berbagi di posisi satu dan dua penjualan terbesar di Indonesia.

Seperti diketahui, beberapa pabrikan otomotif mulai meramaikan kelas LMPV. Meski sempat berada di posisi empat, Daihatsu Xenia kini tetap mempertahankan posisinya di nomor dua di bawah Avanza.

"Kalau dilihat dari posisi Xenia, di awal tahun begitu ketat persaingan. Januari, Xenia itu ada di posisi 4. Terus naik di Februari ke posisi 3, Maret posisi 3, April posisi 2, Mei posisi 2 dan Juni kita bisa kembali ke nomor 2. Perkembangan Xenia ini baik sekali di tengah persaingan yang semakin ketat," kata Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso di Jakarta.

Menurutnya, selama periode Januari sampai Juni 2015 ini, Daihatsu sudah menjual Xenia dengan rata-rata 3.188 unit per bulan. Sementara kembarannya, Toyota Avanza berada di angka 11.000-an per bulan.

"Daihatsu Xenia rata-rata per bulan Januari sampai Juni 3.188 unit. Avanza 11.000-an," kata Hendrayadi.

Angka tersebut sedikit turun dari catatan rata-rata per bulan penjualan Xenia. Tahun lalu, per bulannya Daihatsu bisa menjual sebanyak 3.800 unit Xenia per bulan.

"Tahun lalu rata-rata 3.800-an. Turun 10 persen atau 600 unit per bulan. Ya kita tahu kondisi market tahun ini agak melemah," ujarnya.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment