Saturday, July 4, 2015

Teknologi Anyar di Kawasaki Ninja 1000

Teknologi Anyar di Kawasaki Ninja 1000Sydney - Kawasaki Ninja 1000 model tahun 2016 dikabarkan bakal menyematkan teknologi baru, assist and slipper clutch. Fitur baru ini yang akan diterapkan pada Ninja 1000 ini sebelumnya juga sudah digunakan pada Versys 1000 yang memiliki platform yang sama dengan Ninja 1000.

Seperti diberitakan Bikewale, Sabtu (4/7/2015), Kawasaki Australia telah menunjukkan penambahan fitur itu. Dilaporkan, satu-satunya perubahan teknis pada Ninja 1000 model 2016 adalah teknologi assist and slipper clutch tersebut.

Selain itu, Ninja 1000 terbaru juga akan mendapatkan skema warna baru yaitu hijau/hitam dan abu-abu/hitam. Sayangnya, belum jelas kapan Kawasaki akan merilis Ninja 1000 secara resmi.

Assist & Slipper Clutch Operation


Untuk diketahui, teknologi assist clutch akan berfungsi saat motor berakselerasi. Sedangkan slipper clutch secara otomatis berfungsi saat penunggang motor melakukan deselerasi dan menurunkan posisi gigi.

Assist & Slipper Clutch
(Ninja ZX-6R)
(Assist & Slipper Clutch pada Ninja ZX-6R)

Biasanya saat penurunan gigi dengan cepat, kopling akan mengalami back torque (torsi berlebih). Hal itu bisa membuat ban belakang skid, dan selanjutnya membuat roda kehilangan traksi pada permukaan jalan.

Fitur slipper clutch itu bertujuan untuk mengurangi kerugian, akibat gejala back torque dan kesulitan pengendalian akibat ban belakang mengunci yang dapat mengakibatkan skid.

Assist and slipper clutch ini diklaim berguna untuk penggunaan di lintasan balap dan merupakan teknologi turunan dari motor balap.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment