Sunday, July 5, 2015

Toyota Camry Dinobatkan Sebagai Mobil 'Paling Amerika'

Toyota Camry Dinobatkan Sebagai Mobil Jakarta - Situs otomotif yang sangat berpengaruh di Amerika Serikat, Cars telah menobatkan sedan medium Toyota Camry sebagai mobil ‘Paling Amerika’ 2015. Sedan ini dinilai tak hanya menggunakan 75 persen lebih komponen buatan lokal Amerika, tetapi juga telah menciptakan lapangan kerja dan memberikan nilai tambah ekonomi di wilayah itu.

Seperti dilaporkan CNN, hanya mobil dengan kandungan komponen lokal sedikitnya 75 persen saja yang bisa masuk diseleksi di ajang tahunan pemilihan mobil ‘Paling Amerika’ itu. Namun, pengertian mobil yang dibuat di Amerika, bukan hanya di Amerika Serikat saja, tetapi juga di wilayah Amerika Serikat maupun Kanada.

Pendefinisian tempat produksi itu sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah federal Amerika pada 1992 lalu. Hanya, karena saat ini juga telah berlaku pakta perdagangan bebas Amerika Utara (NAFTA), maka proses produksi suku cadang juga telah bergeser ke Meksiko.

Lima tahun lalu, sebanyak 29 mobil yang masuk dalam kategori mobil dengan kandungan lokal Amerika hingga 75 persen lebih.

Selain faktor penyerapan komponen lokal yang 75 persen lebih, sebuah mobil bisa dinobatkan sebagai mobil ‘Paling Amerika’ jika telah menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Amerika. Penyerapan tak hanya terjadi dalam proses produksi di pabrik saja, tetapi juga pekerjaan di sektor pemasok komponen, diler, hingga pusat pelayanan seperti bengkel.

Sementara itu, Toyota Amerika Utara mencatat, sepanjang Januari hingga Mei lalu penjualan Toyota Camry mencapai 178,408 unit.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment