Sunday, September 20, 2015

Duh, VW Bohong Soal Emisi Gas Buang?

Duh, VW Bohong Soal Emisi Gas Buang?Washington - Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat atau Environmental Protection Agency (EPA) menuding bahwa emisi gas buang mobil bermesin diesel dari Volswagen (VW) dan Audi tidak memenuhi aturan emisi di Amerika Serikat (AS).

VW dan Audi menggunakan sebuah perangkat lunak yang membuat emisi kendaraan terlihat lebih bersih dibandingkan yang sebenarnya.

Hal itu diungkapkan oleh EPA seperti diberitakan CNN, Senin (21/9/2015). Regulator itu mengatakan, perangkat lunak pada mobil mengontrol emisi hanya ketika sedang diuji.

"Efektivitas perangkat pengendalian polusi pada kendaraan ini sangat berbeda selama semua situasi mengemudi normal. Hal ini menyebabkan mobil hanya memenuhi standar emisi di laboratorium atau stasiun pengujian. Tapi selama operasi normal memancarkan nitrogen oksida sampai dengan 40 kali dari keadaan standar," bunyi pemberitahuan EPA.

Setidaknya ada hampir 500.0000 mobil diesel di jalanan AS. Model yang terkena masalah ini adalah VW Jetta, Beetle dan Golf dari model tahun 2009 sampai 2015. Selain itu, VW Passat 2014-2015 serta Audi A3 2009-2015 juga terkena dampak ini.

Pemilik mobil-mobil tersebut memang tidak memiliki risiko kesehatan dan mereka dapat terus mengemudikan mobilnya. Namun EPA telah memerintahkan VW menarik dan memperbaiki pelanggaran ini.

Sampai sejauh ini belum ada pengumuman penarikan. VW mengatakan sedang bekerja sama dengan penyelidik. EPA juga belum menginformasikan seberapa besar denda yang dijatuhkan pada VW.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment