Sunday, September 20, 2015

Terbukti Bohong Soal Emisi Buang, VW Minta Maaf

Terbukti Bohong Soal Emisi Buang, VW Minta MaafWashington -  Volkswagen (VW) telah terbukti memberikan data palsu mengenai emisi gas buang. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat atau Environmental Protection Agency (EPA) menyebut, emisi gas buang mobil bermesin diesel dari VW dan Audi tidak memenuhi aturan emisi di Amerika Serikat (AS). Bos VW pun minta maaf.

Seperti diberitakan Autoguide, Senin (21/9/2015), CEO Volkswagen AG, Martin Winterkorn telah merilis sebuah pernyataan yang berisikan permintaan maaf. Dia mengatakan bakal bertanggung jawab menyelesaikan masalah itu.

"Saya pribadi sangat menyesal bahwa kami telah melanggar kepercayaan dari pelanggan kami dan masyarakat. Kami akan bekerja sama sepenuhnya dengan instansi terkait yang bertanggung jawab dengan transparansi dan urgensi, jelas, terbuka dan benar-benar membangun semua fakta kasus ini," kata Winterkorn dalam sebuah pernyataan.

Menurut Winterkorn, VW telah memerintahkan penyelidikan eksternal. Dia melanjutkan, pihaknya tidak akan mentolerir pelanggaran apapun dari aturan internal maupun hukum.

"Kepercayaan pelanggan dan masyarakat menjadi aset penting dan akan terus penting. Kami di Volkswagen akan melakukan segala sesuati yang harus dilakukan dalam rangka membagun kembali kepercayaan dan kami akan melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk membalikkan kerusakan yang ditimbulkan. Ini adalah prioritas pertama bagi saya, secara pribadi, dan untuk seluruh jajaran manajemen," tegas Winterkorn.

Akibat masalah ini, EPA meminta VW untuk menarik kendaraan yang terkena dampak. Pabrikan asal Jerman itu pun harus membayar denda sebesar US$ 18 miliar.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment