Sunday, September 27, 2015

Kebun Teh Sidamanik, Agrowisata Komunitas di Sumut

Kebun Teh Sidamanik, Agrowisata Komunitas di SumutMedan, - Di Simalungun, Sumatera Utara, ada kebun teh yang dikembangkan menjadi agrowisata baru. Kebun teh Bah Butong menawarkan pemandangan yang hijau dan teh hitam yang legit untuk wisatawan, Pemandangan kebun teh yang menghampar hijau ala Puncak atau Lembang, juga di Bah Butong, Kabupaten Simalungun, Sumut.

Komunitas Ertiga Club Indonesia (ERCI) Chapter Sumatera Utara bersama andalan barunya New Ertiga mencoba menjajal lintasan kebun teh Bah Butong di Sidamanik sabtu lalu, (19/9) dengan start dari Kota Medan, 20 unit Ertiga dipacu beriringan menuju Simalungun dengan jarak tempuh 164 Kilometer (KM) dan waktu tempuh 4,5 jam.

Kesejukan mulai terasa menusuk tulang ketika rombongan mulai memasuki areal pekerbunan teh yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Persero, dengan jalanan bebatuan dan terjal, ertiga masih mampu memacu dengan mesin K14B DOCH 4 silinder dan 1.400 cc. “new ertiga suaranya lebih senyap, goyangan lebih lembut di jalan bebatuan, “ ucap Apri Heri Iswanto, sala satu anggota erci yang berkesampatan mengendarai new ertiga ke Kebun The.

Setelah menginap satu malam di Hotel sekitar kebun teh, paginya rombongan ertiga bersama keluarga menuju pabrik pengolahan teh di Bah Butong untuk melihat langsung proses pengolahan dari mulai panen, pelayuan hingga menjadi teh yang siap diminum.
Dengan didampingi Kismanto, Mandor besar pengolahan Bah Butong, rombongan keluarga Ertiga diberi kesempatan untuk melihat langsung proses pengolahan daun teh segar menjadi teh konsumsi.

Ketua Panitia Agrowisata ERCI Sumut, Asep Hafizuddin, mengatakan, kunjungan ini dilakukan guna memperkenalkan kepada keluarga ertiga tentang produksi teh yang ada di Sumut."Kita bangga Sumatera Utara mempunyai pabrik teh terbesar se Asia Tenggara," katanya.

Seusai dari unit pengelohan, keluarga ertiga menuju ke perkebunan teh yang terdampar luas di bah Butong ini, tanaman Teh merupakan salah satu komoditi tanaman perkebunan yang langka di Sumatera Utara dan hanya di budidayakan oleh PT. Perkebunan Nusantara IV (persero) di Unit Kebun Bah Butong, Sidamanik dan Toba Sari.

Mandor Pengolahan Unit Bah Butong, PTPN IV, Kismanto mengucapkan terima kasih dengan kunjungan yang dilakukan Keluarga Ertiga ke pabrik teh Bah Butong ini.

"Ini merupakan pabrik punya negara. Seluruh pengerjaannya dilakukan disini, namun untuk pemasaran dan penentuan harga dilakukan di Jakarta melalui lelang," pungkasnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment