Sunday, September 27, 2015

Kenapa Hanya Sematkan Airbag untuk Sopir, Datsun?

Kenapa Hanya Sematkan Airbag untuk Sopir, Datsun?Palu - Dua model Datsun di kelas Low Cost Green Car (LCGC) yakni Datsun GO+ Panca dan Datsun GO Panca kini telah memiliki kantung udara (airbag). Namun, airbag itu hanya disematkan di kursi pengemudi. Kenapa?

Kepala Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja menyebut, pertimbangan kenaikan harga yang tidak begitu jauh membuat pihaknya hanya melengkapi airbag di bangku sopir. Sebab, kalau menggunakan dual SRS airbag, harga mobil Datsun tentu akan jauh lebih mahal.

"Pertimbangannya yang pertama karena harga. Jadi dari perusahaan memutuskan cukup satu airbag," ujar Indri kepada detikOto beberapa waktu lalu di sela-sela Datsun Risers Expedition di Sulawesi Tengah.

Tak hanya itu, pengguna Datsun pun sudah dianggap bisa berkendara aman di jalan raya. Makanya, Datsun tidak mau mengorbankan harga yang lebih mahal.

"Menurut saya Risers (sebutan konsumen Datsun) di Indonesia habitnya mereka sudah memiliki pengetahuan safety driving yang cukup baik. Jadi dibandingkan mengorbankan harga, dengan adanya airbag cukup satu saja udah cukup," kata Indri.

Melalui proses studi pasar, konsumen Datsun juga tidak meminta dual airbag. Sebab, kalau menggunakan airbag untuk sopir dan penumpang depan harganya akan lebih mahal.

"Untuk Risers pun mereka enggak minta. Kalau dua-duanya ada airbag harganya akan lebih naik lagi, memang mau?" ujar Indri.

Indri mengatakan, pihaknya juga tak ingin dual SRS airbag dijadikan sebagai pilihan teratas. Sebab, Datsun berusaha untuk meminimalisir varian.

"Kalau terlalu banyak varian kan kita harus banyak customize di sana-sini. terus stok ke jaringannya juga malah ribet. Jadi kita yakin daripada mengorbankan harga, lebih baik yang lainya kayak edukasi safety driving kita tingkatkan," ujar Indri.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment