Friday, November 27, 2015

Karyawan Berkurang, Penjualan dan Layanan Purna Jual Proton Tetap Jalan

Karyawan Berkurang, Penjualan dan Layanan Purna Jual Proton Tetap JalanJakarta - PT Proton Edar Indonesia (PEI) telah melakukan restrukturisasi dengan melakukan pengurangan jumlah karyawan di kantor pusatnya. Namun, layanan penjualan dan purna jual termasuk ketersediaan suku cadang dipastikan tetap berjalan.

“Sekali lagi, ini kebijakan restrukturisasi atau down seizing di kantor pusat PEI yang berada di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Ada pengurangan jumlah karyawan memang. Tapi di diler tetap seperti biasa,” papar seorang sumber detikOto di PEI saat dihubungi detikOto, di Jakarta, Jumat (27/11/2015).

Menurutnya, dengan kondisi yang seperti itu, layanan penjualan unit masih jalan seperti biasa. Begitu pun dengan layanan penjualan suku cadang dan perbaikan.

“Semuanya dipastikan tidak ada yang berubah. Jadi, masyarakat, terutama pemilik kendaraan Proton, tidak perlu khawatir,” ucapnya.

Hanya, sumber ini belum memastikan formulasi kebijakan bisnis yang akan ditetapkan PEI maupun prinsipal Proton di Malaysia.

“Tapi perkiraan saya pribadi, Proton masih akan terus berjalan atau beroperasi di Indonesia. Mereknya sudah dikenal, layanan sudah berjalan, bisnis sudah terbangun. Kalau pun ada pasang surut dalam bisnis itu kan biasa,” kata dia.

Penjualan mobil Proton di Indonesia memang trennya terus menurun. Data menunjukkan, sepanjang 2013 penjualan mobil asal Malaysia itu masih tercatat di kisaran 1.000 unit. Namun di tahun berikutnya hanya 523 unit.

Bahkan, sepanjang 2015 ini, sampai Oktober lalu penjualan tercatat hanya di bawah 150 unit. Sedangkan model yang ditawarkan adalah Exora, Preve, Neo R3, Suprima S dengan Exora sebagai model terlaris.

Soal fakta itu, sumber yang tahu persis kondisi di PEI itu mengatakan, situasi pasar otomtif di Indonesia yang saat ini lesu juga berpengaruh besar terhadap penjualan Proton.

“Tapi seperti apa langkah yang akan diambil (PEI dan Proton Holding), kita tunggu saja,” imbuhnya.


(arf/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment