Saturday, December 26, 2015

Mantan Presiden Nissan, Yoshikazu Hanawa Tutup Usia

Mantan Presiden Nissan, Yoshikazu Hanawa Tutup UsiaTokyo - Mantan Presiden Nissan, Yoshikazu Hanawa meninggal dunia. Hanawa mangkat di usia 81 tahun.

Selain sebagai mantan petinggi Nissan, Hanawa juga telah memimpin aliansi dengan Renault. Banyak jasa yang ditorehkan Hanawa untuk membangkitkan nama Nissan.

Hanawa lahir di Tokyo, Jepang pada 1934. Dia berkontribusi untuk Nissan mulai 1957 setelah lulus dari fakultas Ekonomi di Universitas Tokyo.

Setelah mengumpulkan pengalaman yang berfokus pada seleksi personil, ia diangkat sebagai direktur pada tahun 1985. Selanjutnya pada 1996, Hanawa ditunjuk sebagai representative director and president.

Setelah itu, ia menjabat sebagai representative director, chairman, and CEO Nissan pada 2000. Kemudian pada tahun 2001 Hanawa menjabat sebagai representative director and chairman. Baru pada 2003, Hanawa pensiun dan diangkat sebagai penasihat dan ketua kehormatan.

Hanawa telah berjasa membentuk aliansi Nissan dengan Renault. Awalnya, pembentukan aliansi itu adalah untuk melakukan upaya pemulihan perusahaan ketika Nissan menghadapi krisis ekonomi pada 1999. Bersama Carlos Ghosn yang kini menjabat sebagai CEO Nissan, keduanya memimpin pemulihan Nissan yang dikenal dengan V-shaped recovery.

"Hanawa adalah bagian penting dari keluarga Nissan. Dan ia telah memainkan peran penting dalam mendukung fondasi Renault-Nissan Alliance," kata Ghosn.

Menurut Ghosn, Hanawa juga memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri otomotif di Jepang. Bahkan untuk seluruh dunia.

"Bisa bekerja dengan Hanawa, saya sangat bersyukur untuk semua hal yang saya pelajari dari dia. Sekali lagi, saya mengagumi prestasi dan kepemimpinannya terhadap Nissan," tambah Ghosn.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment