Sunday, January 31, 2016

Mobil untuk Presiden Amerika yang Baru Tengah Dites

Mobil untuk Presiden Amerika yang Baru Tengah DitesWashington - Pabrikan otomotif General Motors dikabarkan tengah melakukan uji limosin Cadillac terbaru yang bakal dijadikan mobil kepresidenan Amerika Serikat.  Departemen Keamanan Amerika kabarnya telah memesan mobil berlapis baja dengan tingkat keamanan sangat tinggi tersebut sejak 2013 lalu.

Sebuah laporan yang dilansir FoxNews, Senin (1/2/2016), menyebut, mobil anyar itu mirip dengan Cadillac sebelumnya, namun dengan fitur keamanan dan kenyamanan yang diperkirakan baru. Mesinnya berkapasitas menengah dengan sasis  sekuat milik pikap diesel.

Hanya,  hingga kini belum ada informasi soal rincian spesifikasi. Maklum, itu merupakan rahasia keamanan nasional yang selalu dit utup rapat-rapat oleh Secret Service.

Meski begitu, dalam sebuah acara seri komedi  'Comedian in Cars Getting Coffee' yang banyak digemari di Amerika Serikat, kepada pembawa acaranya, Jerry Seinfeld, Presiden Obama sempat menyinggung soal Cadillac Kepresidenan. "Pada dasarnya Caddy (Cadillac) adalah sebuah kerangka tangki yang berjuluk Si Buruk Rupa (The Beast)," ucapnya yang disusul derai tawa.

Juru bicara GM pun dipastikan tak akan bersedia mengkonfirmasi soal keberadaan mobil baru itu. Meski begitu, catatan publik mengindikasikan setidaknya ada tiga kontrak baru untuk pengerjaan mobil baru kepresidenan.

Dinas rahasia Negeri Paman Sam, Scret Service, juga selalu menyediakan 12 mobil kepresidenan. Mobil itu tak hanya digunakan presiden di wilayah Washington DC saja, tetapi juga bisa diangkut sewaktu-waktu ke berbagai negara mengikuti presiden saat melakukan kunjungan kenegaraan.

Biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk sebuah mobil kepres idenan diperkirakan US$ 1- 1,5 juta  atau sekitar Rp 13,8 â€Â" 20,8 miliar. Sehingga total kocek yang harus dirogoh untuk menebus 12 mobil baru mencapai US$ 15.800.765 atau sekitar Rp 218.050.557.000.

Sebelumnya, laman Autoblog telah berhasil menagabadikan salah satu Cadillac baru kepresidenan tengah menjalani tes di jalanan. Meski dibalut selubung penyamaran, namun beberapa bagian mobil itu terlihat cukup jelas. Dari serangkaian foto itu terlihat, bagian grill dan lampu utama menggunakan gaya desain baru.
(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment