Wednesday, February 24, 2016

Bahkan Pereli Dakar pun Harus Ekstra Hati-hati di Jalanan Indonesia

Bahkan Pereli Dakar pun Harus Ekstra Hati-hati di Jalanan IndonesiaJakarta - Sebagai pereli, Hiroshi Masuoka sudah biasa menghadapi lintasan jalan offroad dengan beragam medan, mulai dari salju, kerikil, hingga lumpur. Tapi begitu dihadapkan melihat kondisi jalan di Indonesia, khususnya Jakarta, lain lagi ceritanya.

Pria asal Jepang itu berkomentar untuk mengemudikan mobil di Jakarta harus ekstra hati-hati. Sebab ia melihat, banyaknya motor maupun mobil yang tiba-tiba menyalip dari arah yang tidak diduga.

"Di Indonesia harus hati-hati karena ada motor dan mobil tiba-tiba. Harus lebih konsentrasi dan hati-hati," cerita Hiroshi Masuoka kepada detikOto, Kamis (25/2/2016).

Hiroshi Masuoka yang genap berusia 56 tahun pa da 13 Maret mendatang, membandingkan kondisi jalan di Indonesia dengan negeri asalnya, Jepang. Menurutnya, di Indonesia orang lebih bebas untuk melakukan putar balik atau belok ke kanan. Hal itu menyebabkan terjadinya kemacetan dan kesemrawutan di jalan.

Sedangkan di Jepang ia menyebut kondisinya lebih rapi sehingga dapat menghindari sebab terjadinya kemacetan yang biasanya terjadi.

"Kalau saya melihat perbedaan jalan di Jepang dan Jakarta, di Jakarta banyak belok kanan atau putar balik. Kalau di Jepang jarang belok kanan, belok kiri, atau putar balik. Jadi lebih rapi. Jalan di Indonesia kalau lebih rapi mungkin bisa lebih aman," ungkapnya.

Untuk mengatasi kondisi demikian, Masuoka berharap adanya kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah Indonesia untuk membuat jalanan lebih rapi dan tertib bagi semua pihak. Nantinya hal tersebut bakal berdampak untuk meminimalisir angka kecelakaan yang saat ini masih terhitung tinggi di Indonesia.

"J alanan lebih rapi di Indonesia dan diminimalisir kecelakaan tak hanya dari pengemudi saja tapi pemerintah juga harus pikirkan aturan di jalan. Bagaimana untuk mengurangi macet dan mengatur transportasi. Di Jepang dulu seperti itu tapi sekarang sudah diatur jadi macetnya sedikit," tutupnya.



(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment