Sunday, February 14, 2016

Cara Pemerintah Jerman Uji Emisi Mobil

Cara Pemerintah Jerman Uji Emisi MobilBerlin - Belajar dari skandal emisi VW yang sempat heboh beberapa waktu lalu, Menteri Transportasi Jerman, Alexander Dobrindt akan melakukan uji emisi kepada produsen mobil. Namun kali ini, uji coba bakal dilakukan tanpa memberitahu pihak produsen mobil terlebih dahulu.

Dilansir Reuters, Senin (15/2/2016), Alexander mengatakan uji emisi pada mobil di Jerman bakal dilakukan tanpa sepengetahuan pihak produsen. Hal tersebut bakal dilakukan tiap tahunnya.

"Akan ada pengawasan pada kendaraan, caranya seperti pengawasan tes doping pada atlet. Uji coba dilakukan tanpa pengumuman dan setiap tahun," kata Alexander Dobrindt.

Nantinya pihak kementerian transportasi Jerman akan memilih sej umlah model dari beberapa perusahaan rental. Hasil uji coba dikatakan bakal lebih transparan.

Industri otomotif pada tahun 2015 dihebohkan atas skandal emisi yang dilakukan oleh Volkswagen. Produsen mobil asal Jerman itu terbukti melakukan manipulasi data terkait jumlah emisi gas buang dengan menggunakan alat peranti lunak.

Sekitar 11 juta unit mobil VW di seluruh dunia terindikasi diuji coba menggunakan peranti lunak tersebut. Tuntutan yang dihadapi VW atas skandal tersebut mencapai hingga Rp 99 triliun.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment