Tuesday, February 2, 2016

Ford Juga Absen di Pameran Mobil

Ford Juga Absen di Pameran MobilJakarta - Setelah resmi hengkang dari tanah air, produsen mobil Amerika, Ford takkan mengikuti pameran mobil di Indonesia. Termasuk pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto. Pengunjung yang menghadiri GIIAS 2016 tidak dapat melihat mobil yang dipamerkan oleh Ford. Ford pun telah mengirimkan surat pernyataan secara resmi bahwa mereka tidak akan mengikuti pameran GIIAS 2016.

"Ford telah mengirimkan surat resmi bahwa tidak berpartisipasi di GIIAS 2016," ujar Jongkie D. Sugiarto, Selasa (2/2/2016).

Tahun ini GIIAS bakal diikuti oleh 26 merek kendaraan penumpang serta 8 merek kendaraan komersia l yang berlangsung mulai 11 hingga 21 Agustus 2016. Merek mobil yang ikut antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Daihatsu, Dodge, Fiat, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Jeep, KIA, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, Wuling. Sedangkan 7 merek kendaraan komersial terdiri dari FAW, DFSK, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Truck.

Pada penyelenggaraan GIIAS 2015 lalu, Ford meluncurkan tiga varian terbaru yaitu New Ranger, New Focus, dan All-New Everest.



Bagaimana dengan mereka yang ingin membeli mobil Ford di Indonesia? Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan menjelaskan Ford bisa saja menjual mobil lewat tangan importir umum.

Ia mencontohkan dua supercar yang ada di Indonesia, Ferrari dan Lamborghini yang bisa beredar di Indonesia melalui importir umum.

"Ya untuk berjualan di Indonesia, itu kebebasan dia untuk berjualan. Kan tidak bisa dipaksa. Seperti Ferrari dan Lamborghini-lah, tidak punya kantor khusus tapi orang bisa punya Ferrari kan?," terangnya.

Tak ada lagi senyum SPG di booth Ford


Namun soal kemungkinan pembukaan distributor ini, Ford ASEAN sudah menolaknya.

"Tidak ada rencana untuk mengalihkan operasi Ford di Indonesia ke bentuk distributor," ujar Communications Director Ford ASEAN, Neal McCarthy kepada detikOto.

"Sekarang setelah keputusan untuk keluar dari pasar ini (Indonesia), kami akan menyusun finalisasi rencana untuk menyediakan kesinambungan dukungan servis dan garansi, setelah kepergian kami dan akan menginformasikan kepada pelanggan kami, tentang pengaturan yang baru sebelum transisi terjadi," tambahnya.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment