Saturday, February 20, 2016

Setelah MPV, Wuling Indonesia Bakal Luncurkan SUV

Setelah MPV, Wuling Indonesia Bakal Luncurkan SUVLiuzhou - Pabrikan otomotif asal China - SAIC, General Motors, dan Wuling Automobile (SGMW) - melalui SGMW Indonesia akan memproduksi dan memasarkan varian Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia pada kuartal ketiga 2017.

Setelah varian itu, pabrikan ini berniat menggelontorkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) pada akhir 2018.

"Untuk varian SUV yang menggunakan basis SUV Baojun (merek SUV milik SGMW di China), kemungkinan besar pada akhir 2018," tutur seorang sumber di SGMW di Liuzhou, Guangxi, China, kemarin.

Menurutnya, salah satu alasan SGMW menggelontorkan varian ini, karena segmen pasar SUV di Indonesia juga terus berkembang. Bahkan, kini porsinya terus bertambah setelah segmen MPV.

"Segmen SUV dan crossover di Indonesia berkembang seiring dengan perkembangan gaya hidup. Bahkan porsi segmen ini sudah melampaui segmen sedan," kata dia.

Sementara, Presiden SGMW Indonesia, Xu Feiyun masih enggan berkomentar tentang informasi itu. Dia menegaskan, saat ini pihaknya berkonsentrasi untuk meluncurkan varian MPV.

"Fokus kami saat ini bagaimana menyiapkan MPV yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat (Indonesia)," elak dia.

Namun, dia tak menampik SUV Baojun 560 (merek milik SGMW) yang mulai diproduksi Juli 2015 lalu penjualannya terus moncer di China. Data dari pabrikan itu menunjukan, sejak diluncurkan hingga Januari lalu, rata-rata penjualan mencapai 40.000 unit saban bulan.

"Dengan penjualan sebanyak itu, Baojun 560 menjadi SUV paling laris kedua di China," kata sumber di pabrikan.

Mobil sport serbaguna ini mengusung mesin bensin berkapasitas 1.800 cc tiga silinder. Tenaga yang disemburkan mesin mencapai 101 KW pada 5.600 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 186 Nm pada 3.600 - 4.600 rpm.

"Sedangkan konsumsi bahan bakarnya mencapai 7,5 liter untuk jarak 100 kilomeeter. Cukup irit untuk sebuah SUV," papar sumber tersebut.

Mobil yang memiliki dimensi panjang 4.620 milimeter (mm), lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.750 mm, itu miliki panjang sumbu roda 2.750 mm.

Ban yang digunakan berukuran 214/60 R17. Lampu depan dan belakang telah menggunakan LED. Fitur lainnya adalah, airbag depan dan samping, pemutar CD, USB dan Auxin, USB koneksi bluetooth, serta perangkat navigasi GPS. Hanya, sumber itu tak bersedia menyebut berapa kisaran harga yang bakal dipatok untuk pasar Indonesia.

Sementara, dalam brosur penjualan di sebuh diler di Liuzhou, SUV itu dibanderol 79.000 - 98.000 yuan. Harga sudah termasuk pajak.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment