Monday, February 22, 2016

VW Sudah Benahi 4.300 Mobil yang Terlibat Skandal Emisi

VW Sudah Benahi 4.300 Mobil yang Terlibat Skandal EmisiWolfsburg - Volkswagen (VW) AG masih meneruskan proses penarikan mobil bermesin diesel di Eropa yang terlibat skandal emisi untuk memperbaiki sistem emisinya. Pabrikan itu juga telah menyelesaikan perbaikan sebanyak 4.300 kendaraan di Jerman dalam tiga minggu terakhir.

Pernyataan yang diwartakan Bloomberg, Senin (22/2/2016), VW telah memperbaiki setengah dari pikap Amarok bermesin 2.0 liter yang terkena dampak emisi di Jerman. VW mulai menarik pikap Amerok pada akhir bulan lalu. Berikutnya pada akhir Maret pabrikan itu akan menarik sedan Passat dan model station wagon.

"Mobil-mobil sekarang mematuhi batas emisi Euro 5," kata VW dalam sebuah pernyataannya.

Di Er opa, mesin diesel 1.2 liter, 1.6 liter dan 2.0 liter milik VW yang terlibat skandal emisi memerlukan pembaruan perangkat lunak untuk mematuhi standar emisi. VW mengklaim, pembaruan perangkat lunak itu hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

Namun, khusus mesin diesel 1.6 liter membutuhkan perbaikan perangkat keras. Mesin itu harus mdipasang beberapa part baru pada intake duct yang seharusnya mengubah aliran udara sehingga filter mesin bekerja lebih baik. Menurut VW, menambahkan part itu membutuhkan waktu perbaikan kurang dari 45 menit.

Dikatakan, mesin diesel 2.0 liter lebih banyak dibandingkan 2 mesin lainnya di Eropa. Terhitung sekitar 5,2 juta mesin yang terlibat skandal emisi di Eropa adalah mesin 2.0 liter, 3 juta mesin diesel 1.6 liter dan sekitar 300.000 mesin terkecil, 1.2 liter.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment