Monday, March 14, 2016

Amerika Serikat Kembangkan Truk Otonom untuk Tentara

Amerika Serikat Kembangkan Truk Otonom untuk TentaraMichigan - Teknologi otonom saat ini tak hanya dikembangkan untuk mobil. Kendaraan lain seperti bus tengah diuji coba menggunakan teknologi tanpa pengemudi tersebut. Bahkan, truk untuk militer Amerika Serikat pun menggunakan truk dengan teknologi otonom.

Dilansir Forbes, Senin (14/3/2016), uji coba dilakukan di Michigan, Amerika Serikat. Namun untuk saat ini, uji coba tidak dilakukan dilakukan di jalan umum. Hal itu melihat faktor keselamatan dari para teknisi dan masyarakat yang menggunakan jalan umum. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Angkatan Darat AS, Douglas Halleaux.

"Kami sangat sensitif untuk keselamatan dari teknisi kami dan masyarakat di jalan," kata Doug las.

Truk untuk militer angkatan darat AS itu diuji seperti bagaimana bisa berkomunikasi dengan kendaraan lain, baik kendaraan militer maupun non militer.

Ujicoba pada truk juga dilakukan untuk melihat infrastruktur melalui jaringan radio. Hal itu untuk melihat batas kecepatan yang digunakan pada truk serta perpindahan jalur.

Direktur Army's Tank Automotive Research, Development and Engineering Center, Paul Rogers mengatakan pengembangan truk otonom untuk militer angkatan darat AS bertujuan agar para tentara bisa melakukan pekerjaan lain.

"Konvoi dari jajaran truk otonom saat ini membutuhkan sedikitnya dua personil di tiap kendaraan. Truk otonom dapat meningkatkan misi lebih aman dan menjaga para tentara perang kami dari resiko yang tidak diinginkan," kata Paul.

Sementara itu, untuk regulasi ataupun kebijakan pemerintah Amerika Serikat untuk kendaraan dengan teknologi otonom masih digodok hingga saat ini.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment