Friday, March 18, 2016

Enjoy Saja, Rio

Enjoy Saja, RioMelbourne - Hari ini Rio Haryanto akan melanjutkan penampilannya di Free Practice III dan kualifikasi. Diharapkan pemuda Indonesia itu bisa lebih menikmati keberadaannya di level barunya itu.

Rio kemarin telah melakoni debutnya di Formula 1 dengan mengikuti dua sesi latihan bebas. Dalam kondisi trek yang basah, dia mengakui menemui kesulitan tersendiri.

"Hari ini cuaca amat berbeda, sungguh. Saya belum pernah menjalankan mobil F1 dalam kondisi basah, so latihan tadi cukup membuat saya frustasi. Tapi justru kondisi itu cukup positif karena saya mendapatkan pengalaman ini secepatnya ," kata pria berusia 23 tahun itu.

Dibandingkan dengan rekan setimnya di Manor, yang juga sama-sama rookie, Pascal Wehrlein, catatan waktu Rio masih di bawah pebalap Jerman berusia 21 tahun itu.

Mantan pebalap nasional Ananda Mikola turut hadir di Albert Park, bersama ayahnya yang juga mantan pereli legendaris, Tinton Soeprapto, dan General Manager Sirkuit International Sentul, Lola Moenik.

"Kami datang untuk memberi dukungan langsung kepada Rio. Saya yakin, semua orang Indonesia pasti bangga melihat Rio kemarin. Akhirnya ada nama orang Indonesia di sana, ada bendera Merah Putih yang berkibar di Albert Park. Selamat untuk, Rio. Kami bangga pada kamu," ujar Nanda.

Kepada detiksport Nanda mengatakan, dirinya sempat menemui Rio di areal paddock -- dirinya mengantongi invitation pass dari F1.

"Saya 'kan sudah kenal Rio sejak dia masih anak-anak. Keluarga kami dan keluarga Rio sudah seperti s audara. Tadi saya ngobrol sama Rio, menyemangati dia," tutur Nanda, yang pernah tampil di ajang Formula 3000, yang kala itu levelnya satu kelas di bawah F1.



Berdasarkan pengamatan Nanda, penampilan perdana Rio sudah cukup baik, dalam arti, dia bisa melaluinya dengan oke, walaupun sempat melebar ke gravel pada FP1, pada lintasan yang basah. Namun, ada beberapa hal yang menjadi catatan dia.

"Overall, dia tidak ada masalah. Rio terlihat fit, bahkan menurut saya lebih fit daripada Pascal. Namun memang dia perlu meningkatkan lap time-nya, karena di bawah Pascal. Saya yakin, Rio akan bisa finis, tapi memang speed-nya harus lebih baik lagi,” ungkapnya.

"Intinya, kami berharap Rio bisa lebih rileks. Saya sih melihatnya dia masih nervous. Agak kelihatan berbeda dengan Pascal, yang sepertinya tampak lebih pede."

Kondisi itu dianggap Nanda sebagai sesuatu yang wajar. Sebagai seorang rookie, Rio memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan semua hal baru yang sedang dia jalani.

"Enjoy saja ya, Rio. Mudah-mudahan ke depan dia bisa tampil lebih lepas, bisa membebaskan dirinya dari pressure-pressure yang dia rasakan, mungkin salah satunya ekspektasi tinggi dari masyarakat Indonesia. Mungkin banyak dari kita yang langsung berharap Rio bisa finis, bisa dapat poin, bahkan nyinyir dan lain-lain. Padahal semuanya butuh proses," simpul Nanda.

Sesi Free Practice III akan dimulai pukul 10.00 WIB, sedangkan kualifikasi tiga jam kemudian.


(a2s/ddn)

0 comments:

Post a Comment