Sunday, March 27, 2016

Mobil Nasional ala Thailand

Mobil Nasional ala ThailandBangkok - Thailand selama ini dikenal sebagai pusat produksi mobil di kawasan ASEAN. Toyota, sampai Ford dan Mazda membuat basis produksi di sini. Namun tahukah Otolovers, kalau negeri gajah putih juga memiliki perusahaan mobil nasionalnya.

Perusahaan itu bernama Thai Rung Union Car Plc yang didirikan pada 1967 oleh Vichien Phaoenchoke. Phaoenchoke dikenal sebagai raja modifikasi mobil pikap di Thailand. Mobil pikap adalah mobil yang paling digemari di Thailand.

Awalnya perusahaan ini bernama Thai Rung Engineering Co. Ltd., yang melakukan desain dan konversi mobil pikap Isuzu.

Perusahaan kemudian berganti nama menjadi Thai Rung Union Car Co. Ltd. pada 1973, dan kemudian melantai di burs a saham Thailand pada 1994 lalu.

Phaoenchoke mulai memikirkan kendaraan yang khusus untuk Thailand. Dia mengonversi mobil pikap truk Isuzu menjadi sebuah station wagon dengan merek TR pada 1979.

Sejak itu, Thai Rung mulai memproduksi MPV 7 penumpang. Total dari 1979 sampai saat ini, Thai Rung sudah memproduksi lebih dari 12 model yang berbeda.

Salah satu hasilnya bisa dilihat di pameran Bangkok Motor Show. Thai Rung memamerkan beberapa modelnya mulai dari Transformers I sampai Transformers II.