Sunday, March 27, 2016

Jaguar Bangkitkan Lagi Mobil Super Pertama Dunia

Jaguar Bangkitkan Lagi Mobil Super Pertama DuniaNew York - Agar eksis terus, pabrikan otomotif selalu menghadirkan produk yang baru dan segar. Tapi ada kalanya, pabrikan juga bisa mendulang untung dengan membangkitkan lagi mobil model jadul yang menjadi legenda.

Contohnya, Jaguar. Pabrikan Inggris itu berencana untuk membangkitkan kembali model lama jagoan mereka Jaguar XKSS. Boleh dibilang ini adalah supercar pertama di dunia. Pengumuman tersebut dinyatakan oleh Jaguar dalam New York International Auto Show 2016.

Dilansir CNN, Senin (28/3/2016), Jaguar XKSS pertama kali masuk produksi pada 12 Februari 1957 di pabrik Coventry, Inggris.

Mobil tersebut rencananya akan diproduksi sebanyak 25 unit, namun kebakaran yang terjadi di pabrik menghentikan produksi tersebut. Sebanyak 9 sasis dari Jaguar XKSS ikut terbakar saat itu.



Dengan tidak adanya suku cadang dan kendala yang banyak, Jaguar memutuskan mundur. Total hanya ada 16 unit XKSS yang diproduksi. Salah satunya dimiliki oleh aktor dan pebalap Steve McQueen.

Kini hampir 60 tahun telah berlalu, Jaguar tengah 'membangkitkan' kembali 9 sasis mobil yang mati suri tersebut. Jadi nanti ada sasis nomor 17 dan seterusnya

Namun Ketua Jaguar Land Rover (JLR) Classic, Tim Hannig mengatakan untuk 'membangkitkan' kembali mobil klasik tersebut membawa tantangan tersendiri. Apalagi mobil tersebut kini dibuat di era yang berbeda. Tiap detail pun diperhatikan untuk membuat tampilan mobil tetap sama.



"Kami memiliki beberapa mobil di laboratorium selama dua minggu dan mereka sama sekali berbeda. Meskipun ada mobil yang sama, namun bagian kanan tidak sama dengan bagian kiri.  Itu karena mobil tersebut dibuat di era yang berbeda," ujar Tim.

Bagi Jaguar, membuat kembali XKSS layaknya mercusuar untuk perusahaan mereka. Lewat proyek 'pembangkitan' mobil tersebut, Jaguar ingin menunjukkan bahwa tidak ada yang mengerti mobil seperti mereka.



"Proyek seperti XKSS adalah kendaraan mercusuar. Mereka menampilkan keahlian kami. Ketika kami membuat E-Type, kami membuktikan bahwa tidak ada orang di planet ini yang mengetahui mobil seperti kami. Ketika kami melakukan XKSS, hal itu berlaku sama," ungkapnya dengan percaya diri.

Jika rampung, diperkirakan harga Jaguar XKSS mencapai $1,6 juta (Rp 21,2 miliar).
(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment