Monday, March 21, 2016

Universitas di Jepang Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Baterai

 Universitas di Jepang Kembangkan Mobil Listrik Tanpa BateraiToyohashi - Universitas Teknologi Toyohashi dan Taisei Corp memperkenalkan kendaraan listrik tanpa baterai pertama di dunia. Mobil listrik ini menggunakan ban khusus yang menyalurkan tenaga listrik dari permukaan jalan yang telah dielektrifikasi.

Diberitakan Japan Times, Senin (21/3/2016), dalam sesi tes mengemudi di universitas itu, mobil listrik kecil ini bergerak dengan mulus di jalanan khusus. Dikatakan, kawat baja tertanam di dalam ban untuk menyediakan saluran energi demi menggerakkan kendaraan.

Mobil listrik tanpa baterai ini diuji di lapangan sepanjang 30 meter dengan kecepatan sekitar 10 km/jam. Namun, mobil listrik ini hanya bisa berjalan di jalanan yang didesain khusus dengan metarial tertentu.

"Akselerasinya halus dan perjalanannya nyaman," kata Professor Takashi Ohira, tim yang terlibat dalam pengembangan kendaraan.

Ini merupakan terobosan baru dalam pengembangan mobil listrik. Selama ini, mobil listrik biasanya memiliki daya jangkau jarak yang terbatas mengingat kapasitas baterainya. Mobil listrik tanpa baterai ini diklaim bisa bergerak mulus selama berada di atas jalanan khusus yang telah dielektrifikasi.

"Kami kemudian bisa mengurangi ukuran baterai untuk penggunaan non-expressway," kata Ohira.
(rgr/nkn)

0 comments:

Post a Comment