Tuesday, April 5, 2016

Sudah Pakai 'Baju' Motor Listrik ITS-Garansindo Masih Diuji Kelaikan

Sudah Pakai Surabaya - Motor listrik garapan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) dan Garansindo sudah memiliki bodi. Bentuknya pun menyerupai motor matik yang banyak beredar di pasaran saat ini dengan warna putih.

Dalam video yang diterima detikOto, motor listrik tersebut tengah diuji di dalam sebuah ruangan untuk melihat fungsi motor.

Dosen ITS, M. Nur mengatakan untuk pemasangan bodi pada motor listrik tersebut saat ini memang telah rampung. Selanjutnya, tim pada proyek motor listrik tersebut akan melakukan serangkaian uji coba untuk melihat kelaikan motor untuk digunakan di jalan umum.

Untuk desain bodi sendiri, M. Nur mengatakan ti mnya melihat motor yang saat ini berada di pasaran dan banyak disukai masyarakat.

"Bodi sudah rampung dan kita pasang. Untuk bodi, anak-anak (mahasiswa ITS) melihat dari yang ada di pasaran saat ini dan yang disukai orang Indonesia. Kita belum uji jalan karena kemarin kita hanya melihat integrasi sistem bodi dengan kelistrikan," kata M. Nur kepada detikOto, Selasa (5/4/2016).

Sejumlah tahapan pun masih harus dilakukan untuk menguji motor listrik tersebut. Selanjutnya, tim akan menguji coba power controller motor dalam tiga tahapan mulai dari 25 persen, 50 persen, dan 100 persen.

Diharapkan motor yang pernah mejeng dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 itu bakal rampung uji coba pada akhir tahun ini.

"Sebelum laik uji jalan, kita ada serangkaian uji coba. Kita akan perbaiki tiap kekurangan yang ada di uji coba tersebut. Untuk power controller sendiri saat ini masih 25 persen. Ini harus kita uji 50 persen sampai 100 pe rsen baru bisa uji jalan. Kita harapkan complete tahun ini dan akhir tahun siap direvisi untuk sistemnya. Selepas itu baru bisa dikomersialisasi," ungkapnya.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment