Tuesday, May 3, 2016

Belum Mau Bikin Mobil LCGC, Mitsubishi?

Belum Mau Bikin Mobil LCGC, Mitsubishi?Jakarta - Segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC) merupakan salah satu segmen 'gemuk' di industri roda empat Indonesia. Namun, sebagai pemain di pasar roda empat, Mitsubishi dalam waktu dekat belum terjun di segmen mobil hijau tersebut.

Saat ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, selaku Agen Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia, masih fokus pada segmen yang mendominasi penjualan di tanah air seperti SUV dan MPV.

Melihat segmen MPV yang diperkirakan masih mendominasi penjualan otomotif, Mitsubishi juga bakal melahirkan small MPV baru buatan pabrik yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat pada 2017 mendatang.

"Mitsubishi belum ada policy, belum ada pembicaraan untuk Mitsubishi m ain di segmen itu. Jadi kami masih konsentrasi di small MPV dan varian model lainnya," papar Group Head MMC Sales Group MMC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Imam Choeru Cahya, Selasa (3/5/2016).

Semakin tumbuhnya segmen LCGC sempat dikhawatirkan bakal menggerus segmen lain seperti city car yang memiliki spesifikasi dan harga yang tidak jauh berbeda.

Salah satu city car andalan Mitsubishi yakni Mirage. Imam pun percaya diri bahwa penjualan Mirage tidak akan terpengaruh oleh mobil LCGC.

"Segmennya berbeda, seperti Mirage saja yang paling dekat memang dengan LCGC. Tapi kita memposisikan produk itu bukan di LCGC. Kita Mirage sekarang cukup lumayan jualannya, antara 400 sampai 500 unit. Market sharenya cukup untuk segmen itu antara 18 sampai 20 persen. Justru harapannya begini, dengan adanya LCGC naik harga. Gap antara LCGC dan ciTy car tidak terlalu jauh. Ada potensi untuk meng-ekspos speknya dan segala macam agar konsumen y ang tadinya pakai LCGC naik ke situ," jelasnya.

Sebagai catatan, berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil di segmen LCGC pada tahun 2015 membukukan angka 165.434 unit dari total penjualan wholesales 1.013.291 unit.
(nkn/lth)

0 comments:

Post a Comment