Sunday, May 22, 2016

Keren! Sepeda Motor Ini Dibikin Pakai Printer 3D

Keren! Sepeda Motor Ini Dibikin Pakai Printer 3DJakarta - Meski bukan teknologi kemarin sore, manfaat dan fungsi dari printer 3D kian waktu semakin terasa. Bahkan, printer canggih ini baru saja dipakai untuk memproduksi sepeda motor.

Adapun sang pembesut dari motor 3D-printed ini tak lain adalah APWorks. Anak perusahaan Airbus ini mengklaim bahwa motor yang diberi nama Light Riders ini sebagai motor pertama di dunia yang digarap dengan menggunakan printer 3D. Apa benar demikian?

Sayangnya, klaim dari APWorks tadi tidak sepenuhnya benar. Karena seperti dikutip detikOto dari Ubergizmo, Senin (23/5/2016), tepat di awal tahun ini seorang pria telah berhasil mencetak (print) replika sebuah moto r Honda CB500.

Namun tentu saja, karena itu hanya sebuah replika maka motor sepenuhnya hanya lah pajangan atau dengan kata lain tidak bisa berfungsi layaknya motor biasa. Sementara motor yang digarap oleh APWorks memiliki fungsi motor pada umumnya, terdapat mesin, rantai, lengkap dengan ban sungguhan. Oleh APWorks, motor yang diberi nama Light Riders ini dibanderol dengan harga Euro 50.000 atau sekitar Rp 764 juta.

Rangka Light Riders sendiri terbuat dari bahan material campuran aluminium alloy, sehingga body motor pun dikatakan ringan dari motor biasanya. Mengacu dari informasi perusahaan, bobot Light Riders hanya mencapai 34 kg.

Di sektor dapur pacu, motor ini dilengkapi dengan mesin yang mampu membawa pengendaranya melaju dari posisi diam hingga kecepatan 80 km/jam dalam beberapa detik, serta berakselerasi pada 0-45 kilometer per jam dalam 3 detik. Memang, bukan kecepatan yang luar biasa, tapi mengingat ini adalah motor 3D printed maka bisa dika takan ini sebuah perstasi yang luar biasa.

Meski memukau publik dengan bobot yang ringan, pihak APWorks saat ini mengaku belum siap untuk memproduksi dalam jumlah banyak.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment