Monday, June 27, 2016

Honda Daur Ulang Sampah Baterai Mobil Hybrid

Honda Daur Ulang Sampah Baterai Mobil HybridTokyo - Sebagai langkah dari pengembangan mobil ramah lingkungan, pabrikan mobil Honda akan mengumpulkan dan mendaur ulang 'sampah' baterai yang digunakan pada mobil hybrid.

Limbah dari baterai lithium-ion itu dikumpulkan dan diproses dari seluruh wilayah prefektur di Jepang. Seperti dilansir Nikkei, Senin (27/6/2016), rencana tersebut diharapkan Honda akan mendapatkan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup pada 2017 mendatang.

Untuk mewujudkan proses daur ulang dari sampah baterai tersebut, pabrikan mobil asal Jepang itu menggandeng Tohoku University yang diketahui telah melakukan penelitian tentang daur ulang.

Nantinya, substansi dari baterai tersebut akan dihapuskan me nggunakan teknologi yang telah dikembangkan. Proses daur ulang meliputi pembongkaran dari baterai secara hati-hati untuk menghindari terjadinya pembakaran.

Selanjutnya, elektrolit di dalam baterai akan dipisahkan dan diperoleh kembali sebanyak 80 persen dari kandungan logam yang terdapat di dalam baterai.

Sekitar 4,68 juta unit mobil hybrid melintas di jalanan Jepang pada Maret 2015. Sementara mobil hybrid buatan Honda mencatat penjualan domestik sebesar 27 persen pada tahun fiskal 2015.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment