Monday, June 27, 2016

Perlengkapan yang Perlu Dibawa saat Mudik Pakai Motor

Perlengkapan yang Perlu Dibawa saat Mudik Pakai MotorJakarta - Ketika ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, persiapan yang matang perlu dilakukan. Selain persiapan, perlengkapan juga perlu disiapkan untuk menjamin perjalanan aman dan nyaman.

Instruktur defensive riding dari Rifat Drive Labs, Citra Ayu Lestari mengatakan, perlengkapan yang perlu dibawa pemudik yang menggunakan sepeda motor salah satunya adalah kunci-kunci dan tool kit. Perlengakapan itu berfungsi untuk memperbaiki kendaraan jika terjadi hal darurat.

"Yang paling penting, alat-alat terkait dengan bengkel, misalnya kunci-kunci, tool kit," kata Citra kepada detikOto.

Selanjutnya, Anda disarankan membawa uang secukupnya. Jangan hanya mengandalkan u ang di akun ATM saja, karena akan menyulitkan nantinya.

"Jangan enggak bawa uang sama sekali, misalnya mengandalkan ATM. Kita enggak pernah tahu, di jalan raya enggak semua tempat punya fasilitas ATM. Kita juga enggak pernah tahu misalnya mau ke kamar mandi bayar. Kita harus sedia itu," ujarnya.

Lalu, surat-surat seperti SIM dan STNK juga harus lengkap dan aktif. Jangan sampai surat-surat yang tidak lengkap atau tidak aktif akan menyulitkan Anda nantinya.

"Kita enggak tahu di jalan maut datang atau enggak. Urusan sama polisi itu akan ribet banget urusannya. Khawatirnya juga kalau SIM mati, ada tilang di sepanjang jalan, ribet ngurusnya, harus ngambil ke tempat yang bersangkutan," katanya.

Kemudian, karena sepeda motor merupakan kendaraan terbuka tanpa atap, cuaca buruk perlu diantisipasi. Anda disarankan membawa jas hujan, baju ganti dan sepatu ganti untuk mengantisipasi cuaca hujan.

"Karena kita enggak tahu di jalan raya hujan at au enggak. Memaksakan hujan-hujanan pakai jas hujan oke, tapi kaki kan basah. Bukannya happy ketemu keluarga tapi malah sakit," ucap Citra.

Dan tentunya, jangan lupa memakai perlengkapan wajib pesepeda motor seperti helm SNI, sarung tangan, jaket, celana panjang dan sepatu.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment