Sunday, June 19, 2016

TVS Patenkan Transmisi Semi Otomatis, Tak Perlu Narik Kopling Lagi

TVS Patenkan Transmisi Semi Otomatis, Tak Perlu Narik Kopling LagiChennai - Pabrikan sepeda motor asal India, TVS berhak menggunakan paten teknologi transmisi terbaru pada sepeda motor. Motor-motor TVS nantinya akan dilengkapi transmisi Semi Automated Manual (SMT).

Seperti dikutip detikOto dari Business Standard, Senin (20/6/2016), TVS telah mengajukan paten teknologi ini pada Februari 2009. Namun, pabrikan tersebut baru mendapat hak paten pada Mei tahun ini.

Teknologi SMT ini berbeda dengan transmisi motor konvensional lainnya. Jika pada motor transmisi manual konvensional menggunakan tuas pemindah gir di kaki kiri pengendara, motor dengan transmisi ini menggunakan tombol pemindah gigi di setangnya.

Jadi, pengenda ra tidak perlu repot memindahkan gigi dan menarik kopling. Kemungkinan, teknologi ini menyertakan tombol pemindah gigi '+' dan '-' pada setang untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Cara menggunakannya mungkin akan sama seperti mobil-mobil yang dilengkapi paddle shift.

"Rakitan gearshift ini memberikan kemudahan dalam mengganti gigi karena pengendara tidak harus mengeluarkan banyak kekuatan atau membuat gerakan-gerakan kaki. Selanjutnya, karena tidak adanya penggunaan tuas persneling di kaki, insiden slip kopling bisa dihindari. Oleh karena itu, tidak akan ada pemborosan bahan bakar karena slip kopling. Ini memberikan efisiensi bahan bakar 2-5 persen dalam penggunaan perkotaan," kata TVS dalam pengajuan paten.
(rgr/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment