Wednesday, October 5, 2016

Suzuki: Selera Masyarakat Terhadap Motor Berubah 6 Bulan Sekali

Suzuki: Selera Masyarakat Terhadap Motor Berubah 6 Bulan SekaliJakarta - PT Suzuki Indomobil Sales yang dulu sempat merajai pasar sepeda motor di Indonesia kini pamornya mulai menurun. Bila dibandingkan tahun 2005 dan 2015 kemarin produksi Suzuki menurun drastis.

"Suzuki alami penurunan cukup besar, 2005 penjualan kita 900 ribu unit per tahun sampai tahun kemarin 109 ribu unit," ujar Dept Head of Marketing & Sales 2W PT. Suzuki Indomobil Sales Yohan Yahya, di Gedung KPPU, Jakarta.

Selain itu, perubahan kebiasaan masyarakat koni telah berubah. Misalkan dahulu model motor baru hadir 45 tahun, atau yang paling dekat 5 tahun paling lama, sementara saat ini 6 bulan selera masyarakat sudah berubah. Mereka selalu mengingikan p roduk baru.

"Kita kalah cepat dalam arti pergantian model kalah cepat jadi di satu sisi bisnis sekarang kan lifestyle, dulu motor 45 tahun sekarang 6 bulan sudah ada yang baru. Kita akui kita agak sedikit terlambat, kalau dulu tagline 'inovasi tiada henti' tapi lifecycle 3, 4, 5 tahun tapi sekarang 6 bulan, teman kita dari produk lain lebih cepat, konsumen kita sekarang bukan butuh fungsinya tapi gayanya juga," kata Yohan.

SIS sendiri bukannya tidak mau mengikuti tren, melainkan butuh biaya yang besar dalam mengembangkan satu motor ditambah respon pasar yang kurang baik.

"Mungkin motor kita ketinggalan model kota kalau kita bisa advance dari teman-teman lain ya saya rasa bisa bersaing. Untuk develop satu motor butuh biaya besar," tutur Yohan.
(dry/rgr)

0 comments:

Post a Comment