Saturday, July 2, 2016

Pelat Nomor Ganjil-Genap Dipalsukan? Tenang, Ada Penangkalnya

Pelat Nomor Ganjil-Genap Dipalsukan? Tenang, Ada PenangkalnyaJakarta - Peraturan pemerintah mengenai pembatasan dengan sistem nomor polisi ganjil genap membuka peluang terjadinya tindak pemalsuan nomor polisi. Namun pihak kepolisian telah siap untuk menghadapi hal tersebut.

Kombes Pol. Drs Unggul Sedyantoro, M.Si, Kabid Manajememen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Polri mengatakan telah menyiapkan penangkal berupa teknologi yang dapat memastikan keaslian nomor polisi.

"Nanti akan ada semacam alat, jadi alatnya bisa membaca, memverifikasi data bahwa apakah betul kendaraaan itu asli atau tidak. Dengan begitu nanti di cek dan bisa ketahuan. Nanti akan dikembangkan kesana," ujar Kombes Pol. Unggul.

Ungg ul menambahkan saat ini alat tersebut masih dalam proses pengembangan. Nantinya, penggunaan alat penangkal pelat nomor palsu akan diberlakukan di titik tempat berlakunya peraturan ganjil-genap.

"lagi dikembangkan, dan segera di selesaikan secepatnya. Di taruhnya ya di titik-titik ganjil genap itu," tutur Unggul.

Ia juga menjelaskan bahwa kemungkinan dampak negatif pasti ada dalam sebuah program peraturan baru. Namun yang terpenting menurutnya adalah kesadaran dari pengendara itu sendiri.

"Ya pasti suatu kebijakan program pasti di awalnya ada kurangnya, tapi bagaimana tekniknya nanti kan lama-lama ya biasa. Yang penting adalah kesadaran bagaimana menggunakan atau merubah kebiasaan mobilitas, itu yang paling penitng sebenarnya," tandasnya.
(nkn/nkn)

0 comments:

Post a Comment