Monday, January 14, 2013

20 Juta Mobil Terjual di China Tahun Ini

20 Juta Mobil Terjual di China Tahun Ini Beijing - Untuk urusan penjualan mobil, tidak bisa disangsikan lagi kalau China begitu digdaya. Amerika Serikat saja sudah mereka kalahkan untuk urusan jumlah penjualan mobil. Di tahun 2013 ini bahkan bakal ada 20 juta mobil yang terjual di sana. Bandingkan dengan Indonesia yang hanya 1 juta unit mobil.

Saat ini negeri tirai bambu telah mendaulat diri sebagai pasar mobil terbesar di dunia mengandaskan Amerika Serikat beberapa tahun lalu. Dan kini, China kembali siap mencetak rekor.

Sebab, penjualan mobil di China tahun ini diprediksi akan menyentuh angka 20 juta unit yang dimungkinkan karena pertumbuhan pesat di sektor ekonomi dan urbanisasi yang terus terjadi.

China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) menjelaskan kalau diprediksi penjualan mobil di China tahun ini akan tumbuh 7 persen menjadi 20,65 juta unit yang didominasi oleh penjualan mobil penumpang.

CAAM mengestimasi kalau kendaraan penumpang penjualannya akan tumbuh 8,5 persen menjadi 16,8 juta unit, jauh lebih tinggi dari peningkatan penjualan kendaraan komersial yang hanya 1 persen menjadi 3,85 juta unit.

Dari kendaraan penumpang yang terjual, Sport utility Vehicle diprediksi adalah model degan pertumbuhan tercepat.

"Sebuah kebijakan makroekonomi yang berkesinambungan dan stabil akan baik untuk pengembangan pasar kendaraan," kata CAAM dalam sebuah pernyataan seperti detikOto kutip dari Inautonews.

Namun, persentase peningkatan penjualan tahun ini menurut CAAM sesungguhnya lebih rendah dari seharusnya akibat kota-kota besar seperti Beijing dan Guangzhou yang melakukan pembatasan terhadap penjualan mobil baru guna menekan kemacetan dan polusi.

Untuk perkotaan, mobil-mobil merek asing seperti produk dari General Motors dan Volkswagen diperkirakan akan dominan sementara di kota-kota kecil, merek lokal akan menjadi raja.

0 comments:

Post a Comment