Wednesday, January 30, 2013

Toyota Ingin Ekspor Fortuner dan Innova Lebih Banyak

Toyota Ingin Ekspor Fortuner dan Innova Lebih Banyak Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku pabrik perakitan mobil Toyota di Indonesia, ingin mengekspor mobil Toyota Fortuner dan Innova lebih banyak ke berbagai negara tahun 2013.

Tahun lalu, Toyota sudah mengekspor sebanyak 61.890 unit atau naik 61 persen dari jumlah ekspor 2011. Ekspor mobil Toyota pada 2011 38.342 unit.

"Kita ingin ekspor mobil lebih banyak lagi tahun ini. Tapi belumn ada angka pasti," kata General Manager External Affairs TMMIN, Irwan Priyantoko di sela-sela media gathering di Hotel Gran Melia, Jakarta, Rabu (30/1/2012).

Menurutnya Toyota mampu memproduksi dan mengekspor mobil lebih banyak tahun ini. Hanya saja, besaran angka yang ditargetkan tergantung Toyota Jepang.

"Yang penting bagaimana caranya ekspor naik terus ini. Kita masih harus konsolidasi kapasitas. Kita memang tidak bisa sembarangan, karena harus sesuai dengan kemapuan produksi untuk ekspor. Hingga saat ini belum ada angkanya, masih tunggu dari TMC," pungkas Irwan.

Irwan menambahkan, peningkatan ekspor paling besar terjadi ke negara Arab Saudi dan Thailand di tahun lalu. Besarnya kapasitas ekspor karena memang permintaan Toyota di negera-negara tersebut lumayan besar.

"Ekspor 2011 growth paling tinggi ke Thailand, dan Saudi Arabia. Saudi Arabia tahun 2011 sebanyak 17.691 unti dan di 2012 sebanyak 27.936 unit atau naik 57 persen," ucap Irwan.

Tahun ini lanjut Irwan, TMMIN berharap tidak ada pengaruh ekonomi global, dan tidak seperti negara-negara lainnya. Selama ini pengaruh ekonomi global tidak sampai berimbas di Tanah Air.

"So far pengaruh ekonomi global tidak ada. Kalau dilihat 2011-2012, so far masih jauh dan baik-baik saja," yakin Irwan.

Ekspor mobil Toyota oleh TMMIN dilakukan ke Timur Tengah, Thailand, Timor Leste, Brunei Darussalam, dan Papua Nugini.

0 comments:

Post a Comment