Sunday, March 17, 2013

Di China, VW Ditekan untuk Recall Mobil

Di China, VW Ditekan untuk Recall Mobil Jakarta - Produsen mobil VW akhirnya menarik mobil-mobilnya yang menggunakan 6 kecepatan dan 7 kecepatan girboks atau dual clutch transmision. Komponen tersebut disinyalir membahayakan karena mobil bisa melaju dengan sendiri.

Pengumuman recall tersebut terjadi pada akhir pekan lalu. Anehnya, proses recall tersebut tergolong cukup cepat. Terjadinya recall bermula ada sebuah acara yang disiarkan China Central Television (CCTV) yakni "Hari Konsumen Dunia" yang disiarkan Jumat (15/3) akhir pekan lalu.

Para konsumen-konsumen tersebut banyak menyerukan keluhan, di antaranya keluhan dari konsumen VW dan Skoda yakni mengeluh tentang mobil tiba-tiba mendadak cepat, atau kehilangan kecepatan, suara yang tidak normal dan getaran.

Satu hari setelahnya, pihak General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine (Lembaga Pengawasan Konsumen) mendesak produsen mobil besar asal Jerman tersebut menarik kendaraan-kendaraan yang dikeluhkan oleh konsumen.

VW pun menyetujuinya. Pada hari yang sama, Volkswagen dan dua usaha patungan di China mengeluarkan pernyataan bahwa akan menarik kendaraan yang beredar di China. VW tidak menyebutkan berapa unit yang harus diperbaiki.

Dilansir autonewschina, Senin (18/3/2013) keluhan kerusakan sistem transmisi VW terjadi sejak 2011. Namun baru kali ini VW melakukan tindakan demi keselamatan para konsumen-konsumennya.

Selain terguran untu VW, dalam program tersebut, konsumen juga mengeluhkan tentang korosi pada mobil sedan Tongyue produksi Anhui Jianghuai Automobile Co (JAC). Acara tersebut terbukti ampuh. Keesokan harinya JAC mengeluarkan pernyataan untuk menarik kendaraan.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment