Sunday, April 28, 2013

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Berkendara

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Berkendara Jakarta - Berkendara yang baik dan benar itu merupakan kewajiban kita semua dalam mengendarai kendaraan bermotor entah itu roda 2 ataupun roda 4.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berkendara. Seperti yang diungkapkan oleh Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Warsinem.

Menurutnya, untuk berkendara yang baik dan benar tentunya target kita selamat sampai tujuan ada beberapa yang perlu diperhatikan, yakni:

1. Persiapan fisik

Kita harus yakin bahwa diri kita itu sehat tidak lelah, ngantuk, mabuk atau menggunakan narkoba.

"Ini bukan sekedar aturan yang diomongkan tapi diatur di dalam undang-undang lalu lintas khususnya di pasal 106 ayat 1. Jadi wajib mengemudi dengan baik dan benar serta berkonsentrasi," ungkapnya saat ditemui akhir pekan lalu.

Konsentrasi kok pakai diatur? Kita ingat kalau gangguan konsentrasi sedetik saja kita lengah itu kita akan keluar dari jalur. "Berapa meter kalau kita lengah terbuang ke sebelah kiri atau kanan, itu membahayakan," timpalnya.

2. Penggunaan handphone

Penggunaan handphone dan menonton video di dalam mobil juga sangat mengganggu berkendara. "Adanya video itu bukan untuk pengemudi tapi untuk penumpang. Jelas itu sangat berbahaya. Kalau mengemudi itu kita harus fokus, tinggalkan dulu yang namanya HP atau menonton video," lugasnya.

3. Peduli keselamatan lalu lintas

Anda ingat sekecil apapun melanggar kecelakaan lalu lintas sangat potensial menimbulkan kecelakaan. Dan itu resikonya luar biasa.

"Ada beberapa aspek yang kita tanggung. Aspek hukum sudah jelas, kecelakaan kan risikonya kan aturan hukum bisa ditahan atau di denda. Risiko sosial kita mungkin kalau tidak ketemu petugas bisa dikeroyok masa," bebernya.

"Untuk itu kita tertib aturan kita taati dimanapun berada. Baik ada petugas ataupun tidak karena itu semua untuk keselamatan diri kita sendiri," tandasnya.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment