Tuesday, May 7, 2013

Ponsel Pintar Bakal Gantikan Kunci Mobil

Ponsel Pintar Bakal Gantikan Kunci Mobil Detroit - Ponsel pintar di masa depan tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi semata. Bahkan ponsel diyakini bakal menggantikan peran kunci remote mobil.

Jika melihat penggunaan kunci, awalnya, mobil menggunakan kunci biasa yang terbuat dari logam. Namun seiring waktu, peran kunci biasa kini digantikan oleh remote atau smart key.

Smart keys awalnya digunakan di merek mewah seperti BMW, Mercedes-Benz dan Lexus. Tetapi fitur itu kini ditemui di hampir semua pabrikan. Smart key memungkinkan pengendara memasuki mobil tanpa melakukan apa-apa, cukup menggenggam kunci atau menyimpannya di saku, maka pintu mobil akan terbuka otomatis.

Sekarang klub otomotif AAA memperkirakan remote dan smart keys akan segera terganti oleh ponsel pintar.

Apalagi pabrikan mobil besar seperti Chevrolet dan Nissan sudah memiliki aplikasi yang digunakan untuk memonitor dan mengontrol kendaraan.

"Dan Hyundai beberapa waktu lalu, merilis sebuah konsep yang memungkinkan pengendara bisa masuk ke mobilnya dengan menggunakan ponsel yang secara khusus terkoneksi dengan kendaraan. Beberapa teknologi ini akan bisa ditemui di kendaraan paling cepat 2015," ujar Direktur AAA John Nielsen seperti dikutip LA Times.

"Kunci mobil tradisional akan tergantikan oleh teknologi yang menawarkan keamanan dan kenyamanan lebih," timpalnya.

Nielsen pun mengharapkan pengendara untuk segera beradaptasi dengan teknologi baru seperti ini.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment