Friday, June 14, 2013

Melajukan Mobil dengan RPM Rendah pada Gigi Tinggi

Melajukan Mobil dengan RPM Rendah pada Gigi Tinggi Jakarta - Hallo detikOto, saat ini saya penguna mobil Ertiga GX, selama setahun menggunakan memang tarikan mobil ini jauh lebih baik dan lebih irit apalagi dengan menggunakan persneling tinggi pada maksimal 2.000 RPM.

Yang ini saya tanyakan :

1. Apakah ada efek samping dengan kebiasaan mengemudi pada rpm rendah maksimal 2.000 pada gigi 5 pada kecepatan maksimal 60km/jam konstan dengan kondisi jalan datar dan bebas macet?

2. Setiap berapa km sebaiknya throttle body dibersihkan dengan injektor cleaner?

Terima kasih.
cyberworld3011@gmail.com
Padang

Jawaban:

Hallo juga, salam detikOto.

Menggunakan gigi tinggi semisal gigi 5 dalam putaran mesin rendah sebenarnya baik selama putaran mesin berada di rentang 2.500-2.800 rpm, dengan begitu maka konsumsi BBM akan bisa dihemat.

Usahakan jangan terlalu rendah karena ketika putaran mesin terlalu rendah dan mendadak kita butuh akselerasi bisa terjadi knocking pada mesin, kalau hal ini sering terjadi maka komponen mesin akan cepat rusak.

Satu hal yang hrs diingat cari tahu torsi maksimum dari kendaraan yang kita pakai, dengan begitu ketika kita melakukan perpindahan gigi pada peak torsi maka penghematan BBM juga bisa dilakukan dan yang paling penting berkendaralah dengan kecepatan konstan 70-90 km/jam.

Menjawab pertanyaan kedua, throttle body sebaiknya dibersihkan berbarengan ketika tune up, kalau kebersihannya terjaga maka performa mesin juga akan terjaga, sedangkan untuk injector cukup dibersihkan setiap 40.000 km atau 1 tahun satu kali.

Demikian, semoga membantu. Salam

Ajat Sudrajat-Twin Garage.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment