Saturday, June 22, 2013

Seberapa Irit Konsumsi BBM Yamaha Force?

Seberapa Irit Konsumsi BBM Yamaha Force? Tegal - Mesin injeksi diklaim pabrikan motor memiliki konsumsi BBM yang jauh lebih baik dari motor berkarburator. Konsumsi BBM motor jenis ini bisa sampai 20 persen lebih baik dibanding motor karburator, betulkah?

Di launching Yamaha Force di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Yamaha mencoba membuktikan keiritan Force.

Di sebuah booth yang disiapkan Yamaha di Lapangan Aspol Kalibliruk, Slawi, Tegal, Yamaha memberikan kesempatan bagi warga yang ingin mengetahui seberapa irit konsumsi BBM Force.

Motor Force disiapkan dengan roda belakang yang berada di atas roda berjalan, dan disambungkan ke laptop yang akan menghitung konsumsi BBM secara real time.

Pedal gas motor diputar dengan kencang sehingga kecepatan konstan 100 km per jam. Hasilnya? Di layar laptop terlhat angka yang mencengangkan. 86,3 km per liter!



"Ini kalau kita bawa motor dengan kecepatan konstan 100 km per jam konsumsi BBM-nya 86,3," ujar salah seorang petugas dari riset dan pengembangan Yamaha sambil menerangkan kepada warga Tegal.

Warga Tegal yang melihat, langsung manggut-manggut saja. Berapa konsumsi BBM-nya kalau normal mas? Tanya seorang warga. "Sekitar 50 km per liter," sahutnya lagi.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment