Thursday, July 11, 2013

Fiat Ancam Lahirkan Alfa Romeo di Luar Italia

Fiat Ancam Lahirkan Alfa Romeo di Luar Italia Jakarta - Hubungan tegang Fiat dengan pekerja di Italia rupanya bisa membawa dampak buruk untuk industri otomotif di Italia. Soalnya Fiat mengancam akan memproduksi generasi terbaru Alfa Romeo diluar Italia jika pekerja pabrik di Italia terus berulah.

Pernyatan pedas kali ini langsung disampaikan oleh CEO Fiat dan Chrysler, Sergio Marchionne.

Ancaman Fiat, menurut Left Lane News, untuk memindahkan Alfa Romeo produksi dari Italia bukanlah ancaman biasa. Mengingat Fiat tengah berencana untuk membangkitkan Alfa Romeo.

Namun jika Fiat tidak menemui kata sepakat dengan serikat pekerja Italia Fiom Union, maka tidak ada jalan lain selain memproduksi Alfa Romeo keluar dari Italia.

"Peluncuran ulang Alfa Romeo pasti akan tetap berlanjut. Dan Italia harus memutuskan apakah mereka ingin hal itu terjadi di Italia atau tidak," ujar CEO Fiat dan Chrysler Sergio Marchionne.

"Karena Fiat dan Chrysler memiliki beberapa alternatif lain (jika pekerja Italia masih berulah)," tambahnya.

Marchionne menambahkan pabrik Fiat di Turin membutuhkan aturan yang jelas dan dapat diandalkan, sebelum berinvestasi lebih lanjut di pasar dalam negeri Italia.

Ketegangan anata produsen Fiat dengan pekerja di Italia diawali dari upaya restrukturisasi di Eropa, di mana mobil Italia tahun lalu harus kehilangan uang sebesar US$ 1 miliar dan tidak pernah mendapat keuntungan.

Sehingga Chrysler dan Fiat meminta tenaga kerja Italia untuk bekerja lebih lama dan mengambil istirahat pendek. hal ini membuat serikat pekerja FIOM geram dan memutuskan untuk tidak menandatangani kontrak baru.


(lth/syu)

0 comments:

Post a Comment