Friday, July 5, 2013

Ini Tampang Mobil Super Meksiko

Ini Tampang Mobil Super Meksiko London - Mobil super terbaru asal Meksiko akhirnya unjuk gigi. Mobil bernama VUHL 05 ini merupakan mobil Meksiko dengan desain ala mobil Eropa.

Meski merupakan supercar Meksiko, VUHL 05 merupakan sebuah mobil global. Pengembangannya saja melbatkan beberapa negara di Eropa.

Untuk handling dikerjakan di Inggris, untuk ban di Prancis bekerja sama dengan produsen ban Michelin.

Sedangkan sasis mobil diproduksi di Kanada. Salah satu suku cadangnya diproduksi oleh pabrikan AS Ford Motor Co. Sementara perakitan final dilakukan di Meksiko. Dan yang menarik, pemerintah Meksiko juga memberikan dukungan pada VUHL Automotive yang menjadi produsen mobil ini.

Kelahiran mobil ini bermula dari Guillermo Echeverria, ayah dari desainer Guillermo dan Iker Echeverria yang merupakan seorang pembalap profesional.

Anak-anaknya itu mewarisi semangat dan pengetahuan sang ayah seraya menambahkan kualifikasi dalam desain terbaru.

Hal itu tidaklah mengherankan, sebab Guillermo SMP memiliki pengalaman langsung dari industri mobil kinerja, sementara Iker memenangkan Mexican QUORUM Industrial Design Award pada tahun 2007 ketika masih mahasiswa. Dia berhasil mengalahkan para desainer senior. Keduanya kemudian berpadu dan lahirlah VUHL 05.

Iker memaparkan kalau VUHL 05 diciptakan seperti keinginan para penggila mobil dunia kebanyakan. "Latar belakang kami telah menunjukkan kalau VUHL 05 telah dikembangkan oleh penggemar untuk penggemar," kata Iker.

Tubuh mobil ini dibangun dari monokok yang memiliki bobot hanya 78 kg untuk membuat berat mobil ini hanya 695 kg. Sangat ringan. Tubuh standarnya terbuat dari plastik yang diperkuat RTM dengan carbonfibre di beberapa bagian.

Sementara tenaganya berasal dari mesin 2.0 liter, DOHC lengkap dengan turbocharged. Mesin EcoBoost dari Ford ini memiliki tenaga hingga 285 bhp dan torsi 420 Nm yang pada akhirnya bisa memberikan kekuatan untuk rasio berat 400 bhp per ton.

Hasilnya, mobil ini hanya butuh 3,7 detik untuk berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam dengan kecepatan tertinggi mencapai 245 km/jam.

Untuk harganya, mobil ini dikatakan VUHL sudah bisa dipesan untuk pengiriman pada musim semi 2014 dengan harga mulai dari Rp 836 juta saja. Harga itu belum termasuk pajak dan biaya pengiriman. Harga juga bisa melonjak sebab VUHL bisa membuat mobil ini sesuai keinginan pembelinya.

Penjualan awal akan terbatas ke Inggris dan Amerika Utara, tetapi akan menyebar di negara-negara Eropa lain serta, China dan Timur Tengah.



(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment