Thursday, August 8, 2013

Cukup Minum 3,2 Liter Solar, Mobil Ini Bisa Jalan 100 Km

Cukup Minum 3,2 Liter Solar, Mobil Ini Bisa Jalan 100 Km Jakarta - Produsen mobil dunia berlomba untuk menampilkan mobil yang efisien. Mercedes-Benz menyebut deretan model irit mereka dengan nama BlueEfficiency, sementara VW menggunakan nama BlueMotion. Audi pun tidak mau kalah dan Ultra pun lahir.

Seperti para pesaingnya, model Ultra di Audi adalah model yang menawarkan efisiensi bahan bakar. Model Ultra pertama yang lahir adalah Audi A3 1.6 TDI Ultra yang mampu memperlihatkan efisiensi hingga 31,25 km/liter.

Dengan begitu, mobil ini mampu berjalan 100 km hanya dengan meminum 3,2 liter solar.

Diperkuat mesin diesel 1.6 liter, mobil ini juga mampu berakseleerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 10,5 detik dan berlari hingga topspeed diatas 200 km/jam.

Audi pun tidak hanya akan main klaim semata, karena untuk membuktikan keiritan mobil ini, merek Jerman itu mengatakan kalau mereka siap membawa mobil ini jalan jauh.

Targetnya 1.500 km hanya dengan bahan bakar di tangkinya yang berkapasitas 50 liter.

Rahasia efisiensi mobil ini selain pada mesinnya juga terletak pada desainnya yang mendukung peningkatan aerodinamika. Bahan yang ringan juga banyak digunakan sehingga bobot mobil ini hanya 1.205 kg saja tanpa mengurangi fitur penunjang kenyamanan dan keamanan.

A3 Ultra ini sendiri dimaksudkan untuk menjadi yang pertama dari berbagai model Ultra dengan mesin TDI diesel dan bensin TFSI yang akan satu per satu dikeluarkan. Model-model ini akan berfokus pada bagaimana mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi.

Menurut rencana di Eropa mobil ini akan mulai dijual bulan depan dengan harga mulai dari 25.200 euro atau sekitar Rp 343,8 jutaan.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment