Thursday, August 8, 2013

Pendapatan Naik, Produsen Mobil Listrik Ini Bikin Kaget

Pendapatan Naik, Produsen Mobil Listrik Ini Bikin Kaget California - Produsen mobil listrik Tesla mengejutkan dunia otomotif. Meski mobil listrik terhitung belum terlalu populer, pendapatan perusahaan asal California, Amerika Serikat ini naik 15 kali lipat.

Pendapatan Tesla pada kuartal kedua tahun ini meningkat 15 kali lipat menjadi US$ 405 juta dari sebelumnya hanya US$ 27 juta diperiode yang sama tahun lalu.

"Laba bersih utama kami meningkat sebesar 70 persen dari kuartal lalu, didorong oleh rekor pengiriman Model S dan peningkatan yang signifikan di marjin laba kotor," kata perusahaan itu seperti dikutip USA Today.

Dengan peningkatan ini, perusahaan tersebut diprediksi berada di jalur yang tepat untuk meningkatkan laba mereka hingga 25 persen di kuartal keempat nanti.

Tesla juga memaparkan kalau di minggu ini mereka sudah mulai melakukan pengiriman ke negara Eropa seperti Norwegia, Swiss dan Belanda. "Di Norwegia saja, kami berharap dapat mengirim hampir 800 kendaraan tahun ini berdasarkan pesanan yang ada saat ini," kata mereka.

"Jika permintaan yang ditunjukkan di Amerika Utara dan Eropa cocok dengan permintaan serupa di Asia, penjualan tahunan untuk Model S bisa melebihi 40.000 unit per tahun pada akhir 2014," kata perusahaan itu seraya mengatakan kalau mereka berencana untuk membuka dealer pertamanya di China tahun ini.

Untuk memenuhi permintaan, Tesla juga berencana untuk meningkatkan laju produksi mobil mereka sebesar 25 persen menjadi 500 mobil per minggu.

Pendapatan yang meningkat tajam itu juga direspon positif dengan melonjaknya saham Tesla. Laba bersih perusahaan pun mencapai US$ 26,3 juta, padahal para analis sebelumnya memprediksi kalau perusahaan ini akan kembali mengalami kerugian sampai US$ 18,9 juta.

Angka ekspektasi kerugian itu sendiri masih terbilang kecil bila melihat kerugian yang dialami Tesla pada periode yang sama tahun lalu yang mencapai US$ 93,2 juta.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment