Saturday, March 8, 2014

Beginikah Mobil di Masa Depan?

Beginikah Mobil di Masa Depan?Jakarta - Bicara soal teknologi mobil terbang pasti masih terlalu jauh untuk dibicarakan. Namun jika bicara soal wujud platform seperti apa di masa depan, itu masih mungkin untuk dibicarakan dan diwujudkan.

Nah ini yang coba dibuktikan perusahaan manufaktur Edag Genesis pada ajang Geneva Motor Show. Seperti dikutip autocar, Sabtu (8/3/2014).

Tampilan platform untuk kendaraan masa depan karya Genesis kali ini dinilai ' Out Off The Box' alias keluar dari pemikiran yang ada saat ini. Dimana struktur bodi yang dibuat melalui proses yang disebut manufaktur aditif.

Yakni menggunakan pola bionik seperti kura-kura dengan menyediakan perlindungan lebih dengan cangkang kerasnya. Sehingga setiap pengendara akan dilindungi layaknya seperti dalam struktur tulang hewan.

"Namun struktur yang disajikan tidak dapat dilakukan dengan alat konvensional, namun dengan menggunakan teknik-teknik baru," kata EDAG.

Dengan menggunakan selective laser sintering (SLS), selective laser melting (SLM), stereolithography (SLA), and fused deposition modelling (FDM), before settling on a modified version of the latter technique.

Sehingga memungkinkan kendaraan bisa diproduksi sesuai dengan berbagai ukuran sesuai dengan pengendaranya. Dan struktur akan dibuat secara berlapis-lapis menggunakan robot dengan menggunakan bahan termoplastik atau bahan lainnya.


0 comments:

Post a Comment