Monday, April 28, 2014

'Indonesia MPV Banget'

Jakarta - Proton Edar Indonesia ingin mengubah pola bisnis merek di Indonesia. Pabrikan mobil asal Malaysia ini rencananya akan fokus ke MPV (multi purposes vehicle). Soalnya pasar MPV saat ini sangat tinggi.

Head of Sales Division PEI Winara Arigayo, salah satu misi Proton adalah menggelontorkan varian terbaru MPV Exora dan meluncurkan low MPV dalam waktu dekat.

Menurutnya selama 2013 penjualan PEI di angka 100 unit per bulan. Tahun 2012 per bulannya di atas 100 unit. Artinya belum menunjukkan perubahan signifikan, meski banyak produk yang dijual pada 2013.

Foto: Berkelana dengan MPV Exora Prime

"Dibandingin tahun 2012, produk sedikit dan jualan banyak. Tahun 2013 Gen 2, Neo, Preve, Suprima S. Ada penambahan 4 produk, tapi jualan tidak signifikan. Sekarang turun karena segmen MPV-nya persaingan ketat, Indonesia MPV banget. Preve dan Suprima pasarnya tidak besar, Neo nice market," pungkasnya.

Melihat hasil penjualan Proton beberapa bulan terakhir, PEI sadar dan akan mengubah strategi bisnis mereka di Indonesia. Misi utama PEI adalah meningkatkan penjualan MPV dengan menggelar berbagai promosi.

"Sekarang lebih fokus MPV dan konsentrasi pasar Jabodetabek. Mau lebih agresif di Jabodetabek. Mau serius di diler dan market deman. Itu lebih efisien," ucap Direktur Finance Proton Edar Indonesia, Muhammad Iskandar.

Iskandar menegaskan untuk menopang rencana tersebut, PEI bakal meresmikan 5 diler resmi PEI di wilayah Jabodetabek sepanjang tahun 2014.

"Tahun ini kita akan ada penambahan lagi sebanyak 5 diler. Dua berpelengkap 3S, satu diler 1S dan dua diler 2S di Jjabodetabek). Kita lihat marketnya 70 persen adalah di Jabodetabek. Kita lebih, balik ke basic, perbaikian mutu dari segi suku cudangnya dari bisnis kita akan banyakan di Jabodetabek dan akan tinggikan kualitasnya (purna jual) di Jabodetabek," tutup Iskandar.


0 comments:

Post a Comment