Monday, April 28, 2014

'Yang Punya Mobil di Indonesia Masih Minim'

Jakarta - Kelas menengah Indonesia yang mencapai 74 juta jiwa dan terus tumbuh menjadi pangsa pasar yang sangat menjanjikan bagi produsen mobil. Namun saat ini masyarakat Indonesia yang memiliki mobil dinilai masih sangat minim.

"Di Indonesia, secara penetrasi kepemilikan mobil masih rendah. Hanya 45 mobil dari 1.000 penduduk, sementara jika dibandingkan negara maju itu 400-600 mobil dari 1.000 penduduk," ungkap Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Prijono Sugiarto di acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Astra International di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Meski demikian, Prijono mengatakan pasar otomotif di Indonesia tetap menggiurkan. Pasalnya pertumbuhan kelas menengah di Indonesia sangat cepat.

"Menang tidak semuanya bakal beli mobil, tapi kalau 10% saja yang beli mobil tiap tahunnya itu sudah sangat bagus," katanya.

Melihat potensi tersebut, ia memprediksi 2-3 tahun lagi Indonesia akan menjadi pasar paling besar di kawasan Asia Timur. "Apalagi melihat kondisi Thailand yang membuat investor kurang tertarik investasi lagi di sana," tuturnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil pada 2013 tercatat 1,23 juta unit, di atas target 1,1 juta unit. Untuk tahun ini, penjualan mobil diperkirakan naik menjadi 1,25 juta unit.


0 comments:

Post a Comment