Monday, April 28, 2014

Kapan Punya Pabrik di Indonesia, Mazda?

Kapan Punya Pabrik di Indonesia, Mazda?Jakarta - Pabrikan Jepang seperti Toyota, Daihatsu, dan Suzuki rata-rata sudah memiliki pabrik sendiri di berbagai kawasan. Bahkan ada yang memiliki lebih dari 1 pabrik. Namun untuk Mazda mereka masih mengimpor dari luar negeri.

Kapan punya pabrik sendiri Mazda?

"Masih tahap study nih, mudah-mudahan dalam waktu jangka menengah," ujar Senior Sales Manager MMI, Haryanto Djayaputra, saat perayaan kiprah 8 Tahun Mazda Indonesia di Jakarta.

Salah satu syarat utama pendirian pabrik adalah jumlah angka penjualan. Agar bisa membangun pabrik maka setidaknya Mazda harus bisa menjual 15.000 unit kendaraan per tahun.

"Ya masih lebih dari lima tahun lah (Prediksi-Red), karena harus memiliki volume penjualan hingga 15 ribu unit per tahun. Tahun lalu kami berhasil mencapai 11 ribuan, dan di tahun ini kami menargetkan bisa menjual hingga 12 ribu unit," katanya.

"Ya semoga saja ya," tambahnya.

Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani Wijana menuturkan dalam kuartal pertama ini Mazda sudah membukukan angka penjualan sebanyak 2.564 unit.

"Dan penjualan yang paling tinggi Mazda CX-5 mencapai 902 unit, disusul Mazda2, Mazda Biante, dan terakhir Mazda VX-1," ujar Astrid.

Dan untuk lebih merangsang pasar Astrid juga mengatakan akan menambah jaringan after sales di Indonesia.

"Diler akan ada penambahan, seperti di daerah yang punya potensi. Di 2014 akan ada penambahan di Palangkaraya, Yogyakarta, Surabaya. Itu gunanya untuk menggali potensi market, sehingga menambah market Mazda sendiri," tambah Astrid.

0 comments:

Post a Comment