Saturday, April 5, 2014

Pertamina Usul Selain LCGC, Mobil Mewah Juga Dilarang Pakai BBM Subsidi

Pertamina Usul Selain LCGC, Mobil Mewah Juga Dilarang Pakai BBM SubsidiJakarta - PT Pertamina (Persero) mengusulkan selain LCGC (mobil murah), mobil mewah seharusnya juga dilarang pakai BBM subsidi. Hal ini menanggapi wacana larangan mobil murah (LCGC) pakai BBM subsidi.

"Sebenarnya, kalau masalah LCGC boleh atau tidak pakai BBM subsidi, sampai saat ini tidak ada aturan yang melarangnya, kalau ada misalnya tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 Tahun 2013, kita di SPBU mungkin bisa mencegah mobil LCGC beli BBM subsidi," kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir, dihubungi detikFinance, Minggu (6/4/2014).

Ali mengatakan, namun tentu tidak mudah bagi operator SPBU di lapangan, untuk membedakan mana mobil LCGC mana yang bukan.

"Mobil LCGC kan banyak macamnya, tentu itu tidak mudah mengontrolnya di lapangan," katanya.

Ia menambahkan, mengapa hanya mobil LCGC saja yang akan dilarang pakai BBM subsidi, kenapa tidak berlaku untuk mobil mewah juga.

"LCGC memang mendapat insentif dari pemerintah, mobil mewah memang tidak, tapi dengan orang yang beli mobil mewah, dia bisa menikmati bertahun-tahun subsidi BBM, menikmati BBM yang murah yang sejatinya untuk rakyat tidak mampu. Menurut saya kenapa tidak sekalian mobil mewah juga dilarang pakai BBM subsidi," tutup Ali.

Seperti diketahui, mobil LCGC (low cost green car) mendapatkan berbagai insentif dari pemerintah, salah satu syarat untuk mendapatkan insentif tersebut, mobil LCGC harusnya menggunakan BBM non subsidi misalnya Pertamax.


0 comments:

Post a Comment