Saturday, July 26, 2014

Google Versi Tiongkok Garap Mobil Pintar

Google Versi Tiongkok Garap Mobil PintarJakarta - Baidu atau yang kerap disebut sebagai ‘Google-nya China’ sepertinya memang benar-benar ingin mengikuti jejak Google. raksasa internet versi negeri tirai bambu ini mengumumkan rencananya yang juga ingin mengembangkan mobil pintar ala Google.

Namun Kai Yu, Direktur Deputi Institute of Deep Learning Baidu mengatakan mobil pintar garapannya bakal berperan layaknya seekor kuda, bukannya sebagai robot seperti pada mobil pintar Google.

“(Kepintaran) sebuah mobil seharusnya tidak menggantikan fungsi pengemudi sepenuhnya, tapi memberikan mereka kebebasan,” Ujar Yu, seperti dilansir Engadget, Sabtu (26/7/2014).

Maksud perkataannya itu adalah sebuah mobil pintar tidak berarti dapat sepenuhnya menggantikan peran pengemudi. Seperti halnya menunggangi seekor kuda yang meski dikendalikan oleh penunggang diatasnya, sang kuda juga bisa menentukan keputusannya sendiri terkait dengan kondisi jalan yang dilalui.

“Kebebasan (mengemudi mobil pintar) artinya mobil itu cukup pintar untuk beroperasi sambil mengenali area sekitarnya, seperti halnya menunggangi seekor kuda, yang bisa mengambil keputusan sendiri untuk kondisi jalan yang berbeda-beda,” tambah Yu.

Analogi tersebut pun menggambarkan rencana Baidu yang sepertinya bakal membenamkan teknologi cruise control canggih pada mobil pintar miliknya. Atau bisa dibilang Baidu memang tidak akan menghilangkan kemudi setir pada mobil pintarnya seperti yang dilakukan Google, namun tetap tak kalah canggih.

Seperti menunggangi seekor kuda, teknologi ini akan membuat mobil pintar Baidu dapat mengenali area sekitar agar waspada terhadap rintangan yang ditemui.


0 comments:

Post a Comment