Saturday, July 26, 2014

Andi Gilang Terjatuh, Astra Honda Kurang Beruntung

Andi Gilang Terjatuh, Astra Honda Kurang BeruntungJakarta - Astra Honda Motor Racing Team kurang beruntung dalam ajang balapan Susuki 4 Hours Ensurance. Setelah sempat leading di dua jam pertama, Andi Farid, pebalap pertama tim Astra Honda terjatuh.

Kejadian ini membuat kaca helm pebalap yang akrab disapa Gilang itu rusak. Akibatnya, Gilang harus masuk ke pit stop. "Kalau dipaksakan juga nggak bakal maksimal karena mengganggu banget," kata Gilang usai balapan.

Gilang pun akhirnya tertinggal satu lap. Ketinggalan tim Astra Honda semakin jauh setelah panitia menetapkan pinalti unuk tim tersebut. Gilang disebut melewati pebalab lain saat ada safety car.

"Jadi menurut panitia, aturan di sirkuit ketika ada safety car tidak boleh melewati pebalap di depannya sampai safety car masuk ke pit stop. Pebalap baru boleh tancap gas setelah melewati finish line," kata manajer Astra Honda Racing Tim Anggono Irianto.

Bisa jadi aturan itu tidak dipahami oleh peserta. Buktinya, begitu safety car masuk ke pit, para pebalab langsung tancap gas. "Jadi yang kena pinalti tiga pebalap termasuk Gilang," ujar Gilang usai balapan.

Gelar juara akhirnya direbut tim 24 Yamaha Racing A setelah pebalab tim Yamaha SP Tadao terjatuh di empat menit terakhir menjelang balapan berakhir. Sementara tempat kedua ditempati Yamaha Racing B.

Menanggapi hal ini Anggono mengatakan, faktor keberuntungan memang cukup dominan dalam balapan adu ketahanan.

Tahun lalu, balapan ini dimenangkan oleh pebalab asuhan Astra Honda yang terdiri dari Dimas Ekky Pratama dan Iswandi Muis. Event tahunan ini bukan soal adu cepat saja tapi juga soal strategi dan mental pebalab.


0 comments:

Post a Comment