Monday, July 28, 2014

Mahasiswa Australia Pecahkan Rekor

Mahasiswa Australia Pecahkan RekorJakarta -

Persaingan memecahkan rekor terus dilakukan oleh banyak pihak, tidak terkecuali para mahasiswa. Para mahasiswa dari University of New South Wales (UNSW), Australia ini pun ingin mencetak rekor. Al hasil, rekor kendaraan listrik tercepat pun terpatahkan.

Tidak main-main, rekor kendaraan listrik tercepat dengan jarak jelajah 500 km dengan menggunakan 1 baterai yang telah bertahan selama 26 tahun patah oleh mereka di arena pacuan kuda di Victoria.

Selain itu, kecepatan rata-rata kendaraan listrik para mahasiswa yang mencapai lebih dari 100 km/jam selama pemecahan rekor juga lebih tinggi dari rekor dunia sebelumnya yang berada di angka 73 km/jam.

Rekor ini menurut situs resmi UNSW tinggal menunggu persetujuan dari Federation Internationale de l'Automobile (FIA). Ini adalah upaya pemecahan rekor di bidang otomotif teranyar setelah puluhan tahun tidak ada di Australia.

Terakhir kali rekor dunia FIA dipecahkan di Australia adalah pada bulan April 1984. Selanjutnya, catatan di Australia ada di Maret 1994 tapi itu hanya diawasi oleh Confederation of Australian Motor Sport.

"Sebagai driver Anda selalu ingin berada di podium dan tidak setiap hari Anda bisa memecahkan rekor dunia. Aku benar-benar menikmati bergaul dengan tim dan menjadi bagian dari sejarah," kata Garth Walden yang ikut serta dalam upaya pemecahan rekor ini.

Rekor ini sendiri tercipta dari mobil balap bertenaga surya bernama Sunswift eVe yang telah dikembangkan sejak tim mahasiswa UNSW didirakan pada tahun 1996. Mobil ini sudah memasuki generasi kelima.


0 comments:

Post a Comment