Friday, August 22, 2014

Safety Car Hybrid Pertama di Dunia

Safety Car Hybrid Pertama di DuniaJakarta - Mobil berteknologi hybrid semakin diterima masyarakat dunia. Teknologi dual mesinnya seakan membius semua orang. Salah satu contoh pada mobil BMW i8.

Mobil sport hybrid dari BMW itu kini resmi menjadi safety car dalam kejuaraan dunia Formula E. Mobil trsebut muncul pertama kali di Donington Park, Inggris.

Memang dalam ajang balap mobil atau motor sekalipun belum ada panitia lomba menampilkan mobil hybrid sebagai safety car. Dan kali ini sejarah baru dicetak dengan menjadikan mobil sport hybrid BMW i8 sebagai 'hewan baru' dalam kejuaraan dunia Formula E.

Selayaknya mobil safety car, mobil sport hybrid BMW i8 sudah dilengkapi dengan lampu keamanan warna kuning dan stiker safety car. Tak ada perubahan pada bagian eksterior, panitia menyematkan stiker bertuliskan safety car Qualcomm.

Arti Qualcomm itu sendiri karena mobil ramah lingkungan itu sudah menggunakan metode pengisian Qualcomm Halo wireless. Jadi tidak menggunakan colokan seperti mobil hybrid konvensional lain.

Tidak hanya itu. Dijelaskan jika BMW i3 juga resmi menjadi mobil medis dalam kejuaraan tersebut. Pihak panitia mengumumkan mobil tersebut akan dikendarai oleh pengendara profesional Bruno Correia.

Mobil sport BMW i8 disokong mesin bensin 1.5 liter TwinPower Turbo 3 silinder yang mampu memproduksi tenaga 231 hp dan torsi 320 Nm. Mesin itu bantu dengan motor listrik untuk roda belakang yang melontarkan tenaga setara dengan 131 hp dan torsi 250 Nm.

Total tenaga yang dihasilkan oleh mesin bensin dan motor listrik ini mencapai 362 hp dan torsi 570 Nm. BMW i8 mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam hitungan waktu 4,5 detik, sebelum mencapai kecepatan maksimal 250 km/jam.


0 comments:

Post a Comment